Trik Membuat Kue Klepon Agar Bulat Sempurna & Enak

Kamu pernah mencicipi kue klepon? Ya, kue ini merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang cukup melegenda. Kue ini memiliki rasa yang manis dari isian gula merah di dalamnya berpadu apik dengan rasa gurih dengan tekstur kue yang kenyal. Bertabur kelapa parut sebagai pelengkap di bagian luarnya. Nah, coba yuk membuat kue klepon sendiri di rumah!

Membuat Kue Klepon Cemilan Enak Nan Kenyal

membuat kue klepon via selerasa.com

Kue klepon via selerasa.com

Rasanya yang enak, kue tradisional ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal. Namun kamu perlu mengetahui tips dan trik pada resep klepon, agar bulatan klepon memiliki bentuk dan tekstur yang sempurna. Cara berikut bermanfaat untuk kamu ketahui. Hal ini berguna agar klepon memiliki tekstur yang tidak lembek,  tidak pecah dan bulat sempurna. Serta yang paling penting memiliki rasa yang enak.

Pada saat membuat adonan, tuanglah air hangat suam kuku sedikit demi sedikit ke wadah yg berisi adonan sampai adonan kalis dan bisa dibentuk. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Jika terlalu lembek, tambah kembali tepung ketan dan sebaliknya jika terlalu keras tambahkan lagi sedikit air.

Oiya, kamu tidak perlu berpatokan dengan takaran air di resep. Perhatikan tekstur adonan dengan baik, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni serta dirasa adonan sudah kalis untuk bisa dibentuk. Setelah itu, campur bahan dalam adonan hingga benar-benar halus merata.

Baca lainnya  4 Tips Memilih Kue Lebaran Ala Tim DuniaMasak

Agar tidak pecah ketika di didihkan ke dalam rebusan air, pertama-tama ambil adonan lalu pipihkan adonan klepon untuk memasukkan gula merah Jawa di dalamnya. Kemudian bulatkan kembali hingga gula merah terselimuti dengan sempurna. Lakukan hingga adonan klepon habis. hingga tertutup rapih agar tidak pecah. Jangan beri isi terlalu banyak dan penuh, hal ini sangat berisiko membuat bola-bola klepon pecah ketika direbus dalam air.

Tepung ketan biasanya lebih sering digunakan pada resep klepon, karena akan lebih mudah menghasilkan tekstur kenyal. Namun tepung ketan akan mudah lembek pada saat proses pembulatan, akibat terkena panas dari tangan. Oleh karena itu, sebaiknya taburi tangan dengan tepung ketan terlebih dahulu sebelum membulatkan adonan agar bola-bola klepon tidak mudah pecah setelah diberi isian gula Jawa.

Sambil menunggu air mendidih atau antrean memasukkan klepon di dalam air, sebaiknya kamu letakkan bola-bola klepon di dalam wadah yang juga ditaburi tepung ketan, agar tidak lengket dan pecah. Jangan terlalu lama merebus bola-bola klepon dalam air mendidih, karena akan membuat tekstur klepon menjadi lembek.

Baca lainnya  Asal-usul Kue Cucur, Jarang Diketahui Orang!

Segera angkat bola-bola klepon secepatnya begitu sudah mengapung di atas permukaan air. Saat mengangkat bola-bola klepon, sebaiknya gunakan saringan kawat dan cara yang benar jangan langsung diangkat keatas. Tetapi digeser dulu ke samping baru diangkat. Hal ini untuk mencegah bola-bola klepon pecah akibat perubahan suhu.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan