Simak Fakta Menarik Tentang Edible Gold Leaf

Fakta menarik edible gold leaf emas yang bisa dimakan pengertian via bakingcart.com ala duniamasak

Sudah pernah melihat makanan yang dilapisi emas? Beberapa orang masih mempertanyakan tentang keunikan makanan tersebut dan sebenarnya terbuat dari apa. Bahan yang dimaksud bernama edible gold leaf alias emas yang bisa dimakan. Mari simak beberapa fakta menarik tentang edible gold leaf di bawah ini:

Fakta Mengenai Edible Gold Leaf

Edible gold leaf fakta pengertian via thespruceeats.com ala duniamasak
Edible gold leaf for food via thespruceeats.com

Pengertian

Edible gold leaf merupakan bahan yang dapat digunakan untuk mempercantik makanan atau minuman. Gold leaf berasal dari emas asli yang sudah diproses dengan cara dipukul dengan palu hingga menjadi lembaran yang sangat tipis dan kandungannya sebesar 92% emas murni. Berbagai macam tipe gold leaf yang tersedia namun yang digunakan pada makanan dikenal dengan istilah E-175. Penelitian tentang keamanan bahan ini bagi kesehatan tubuh sudah dipelajari sejak tahun 1975. Pada tahun 2015, telah dilakukan peninjauan ulang karena tren makanan berlapis dan bertabur emas sedang populer di kalangan pecinta kuliner bahkan sampai saat ini.

Baca lainnya  Cara Membersihkan Botol Susu Bayi yang Benar

Penggunaan

Fungsi dari penggunaan daun emas ini adalah untuk menciptakan kesan mewah dan eksklusif pada suatu hidangan. Makanan dan minuman yang sudah diberi daun emas, harganya juga akan lebih mahal dibandingkan dengan penyajian hidangan biasa. Bayangkan terdapat lembaran atau taburan emas pada bagian atas ayam goreng ataupun es krim cokelat, pasti akan menjadi sangat instagram-able dan tidak sabar untuk diperlihatkan kepada semua orang. Kemewahan ini juga dihasilkan oleh ketelitian dan kesabaran untuk menempelkan emas tersebut. Edible gold leaf mempunyai karakteristik yang sangat halus dan tipis sehingga mudah sobek dan bisa kusut jika tidak digunakan dengan hati-hati. Maka dari itu, diperlukan alat bantu seperti penjepit, pisau pengupas dan sarung tangan katun agar bisa memasang daun emas pada hidangan. Dan jangan lupa untuk memilih daun emas yang bisa dimakan dengan label food grade sehingga lebih terjamin aman untuk tubuh.

Baca lainnya  Ketahui Cara Memasak Udang Dengan Benar

Penyimpanan

Edible gold leaf yang memiliki tekstur halus ini memang perlu ditangani dengan sangat hati-hati. Kumpulan lembaran emas harus diletakkan secara rata kemudian disimpan dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk serta kering sehingga jauh dari kondisi hangat dan lembab. Begitupun dengan serpihan atau taburan emas yang harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering juga.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!