Tahukah Kamu tentang Seni Memahat Es?

Seni memahat es via iceprofl.com ala duniamasak

Dalam menyelenggarakan suatu acara seperti ulang tahun atau pesta pernikahan, banyak elemen yang menjadi penopang agar acara berjalan dengan sukses seperti susunan kegiatan, makanan, dan juga dekorasi. Bisa dibilang, hal pertama yang akan dilihat oleh para tamu ketika datang ke suatu acara adalah dekorasi terlebih dahulu. Maka dari itu, dekorasi juga berperan penting untuk kesuksesan suatu acara. Mulai dari hiasan di depan pintu masuk hingga di ruangan utama untuk acara berlangsung. Banyak dekorasi yang bisa dikreasikan tergantung pada acara dan temanya. Salah satu dekorasi yang cukup unik dan bisa menjadi pusat perhatian para tamu adalah pahatan es. Tidak hanya sekedar pahatan, namun dekorasi ini merupakan seni memahat es yang profesional.

Baca lainnya  Pentingnya Berkumur dengan Air Garam: Hemat dan Kaya Manfaat!

Seni Memahat Es

Pada umumnya, seni memahat akan menggunakan media seperti kayu dan batu untuk dijadikan dekorasi ruangan atau perlengkapan rumah tangga. Sama halnya dengan seni memahat es, pada dasarnya adalah kegiatan pahatan namun hanya berbeda media yaitu menggunakan es balok. Seni ini sangatlah kreatif dan menarik karena hasil dari pahatan bisa berbentuk 3 dimensi misalnya bentuk alphabet, miniatur benda, ataupun miniatur dengan bentuk replika makhluk hidup seperti seekor hewan ataupun seorang manusia. Pahatan es ini dapat digunakan untuk acara-acara spesial seperti ulang tahun, pesta pernikahan, maupun event gathering lainnya. Biasanya, ice carving atau ice sculpture akan ditambahkan lampu berwarna-warni disekitarnya agar terlihat lebih cantik dan ‘nyata’. Untuk es baloknya, tentu akan digunakan bahan baku yang lebih awet dan tahan lama terutama dalam acara-acara di Indonesia yang beriklim tropis walaupun sudah di ruangan suhu dingin agar tidak cepat cair.

Seni memahat es atau ice carving via iceprofl.com ala duniamasak
Seni memahat es via iceprofl.com

Seni memahat es bisa dipelajari dari para profesional atau di sekolah perhotelan dengan mata pelajaran yang sama. Dengan tingkat kesulitan dari pahatan es yang dibuat dan ilmu yang telah dipelajari, tentu akan menentukan harga dari tiap hasil pahatan. Tentunya, seni ini dapat dijadikan pekerjaan atau bisnis yang menjanjikan bagi yang mempunyai kegemaran di bidang kreatif.

Baca lainnya  Makanan Populer di Ranah Minang, Sudah Pernah Coba Belum?
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!