Tidak Hanya Untuk Keju, Ketahui Berbagai Jenis Parutan Lainnya

Jenis parutan makanan via freepik ala duniamasak

Parutan atau bisa dikenal juga dengan pemarut merupakan perlengkapan dapur yang berfungsi untuk memarut makanan menjadi potongan-potongan kecil atau halus. Awalnya, alat ini hanya digunakan untuk memarut keju saja. Namun seiring berjalannya waktu, pemarut ini juga cocok dipakai untuk beberapa bahan makanan agar mempermudah menyiapkan hidangan di dapur. Yuk, simak 4 jenis parutan yang wajib digunakan di dapur.

4 Jenis Parutan Menurut Fungsi Dan Bentuk

Pemarut via freepik ala duniamasak
Jenis parutan via freepik

Parutan Keju

Tentu pemarut jenis ini merupakan yang paling banyak diketahui oleh khalayak. Parutan keju bisa digunakan untuk memarut keju bahkan kulit jeruk lemon dan memarut bahan ringan lainnya. Pemarut ini akan menghasilkan tekstur bahan yang kecil dan halus untuk membantu pengolahan dalam setiap hidangan.

Parutan Pala

Walau banyak ditemukan dalam bentuk bubuk, namun beberapa chef lebih suka untuk memarut pala sendiri. Mengapa demikian? Karena jika dilakukan sendiri maka akan mendapatkan cita rasa pala yang lebih kuat. Pemarut ini mudah ditemukan di pasaran dan jangan sampai terbalik dengan jenis lainnya ya.

Baca lainnya  Keunggulan Alumunium Pan dengan Stainless Steel

Parutan Kotak

Parutan kotak ini baik digunakan untuk memarut bahan makanan keras seperti kentang untuk olahan kentang goreng. Dengan ukuran lubang yang sedang, mampu menciptakan hasil parutan dari makanan keras besar menjadi ukuran kecil. Sedangkan pada sisi lubang yang berukuran kecil, maka akan menghasilkan hasil parutan yang sangat lebih kecil. Selain itu, bagian tepi parutan kotak yang tajam pun bisa dipakai untuk mengupas kulit buah dan sayur.

Parutan Putar

Dari sekian banyak pemarut, jenis inilah yang akan menghasilkan bahan makanan paling halus. Parutan putar sangat cocok untuk memarut keju jenis parmesan pada masakan pasta atau bahan cokelat batangan. BIsa dibilang parutan ini adalah jenis yang paling aman karena pada saat menggunakannya, tangan tidak akan terluka terkena pisau parutan. Parutan putar tersedia dalam varian manual maupun elektrik.

Baca lainnya  Showcase Cake Hot & Cool untuk Bisnis Kafe

Demikian beragam jenis parutan menurut fungsi dan bentuknya. Meskipun banyak jenis yang tersedia di pasaran, namun pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dapurmu. Selamat mencoba 🙂

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *