Tips Blender Bumbu Seperti Diulek

Seiring berjalannya waktu, metode yang digunakan oleh manusia untuk menyelesaikan tugas juga berkembang. Kemajuan teknologi telah membuat pekerjaan manusia semakin nyaman, termasuk penemuan berbagai perangkat teknologi. Di antara perangkat tersebut adalah blender, alat elektronik yang digunakan untuk memblender bahan makanan. Sementara banyak orang menggunakannya untuk membuat jus buah atau bubur, serta bisa berfungsi sebagai pengganti cobek. Namun kebanyakan bumbu yang dihasilkan blender tidak seenak ketika diulek. Nah ini dia tips blender bumbu seperti diulek ala tim Duniamasak.com!

Blender Bumbu Seperti Diulek

Blender sambal hijau via freepik Tips Blender Bumbu Seperti Diulek ala tim duniamasak
Blender sambal hijau via freepik

Ya, kita bisa menggiling bumbu untuk memasak menggunakan blender. Karena mudah dan cukup nyaman serta tidak perlu tenaga ekstra. Cukup tambahkan bumbu ke dalam blender, nyalakan, dan bumbu akan cepat menjadi halus dan siap digunakan untuk memasak. Tentunya membuat memasak di rumah jauh lebih mudah.

Banyak orang percaya bahwa bumbu yang dihaluskan menggunakan blender memiliki rasa yang tidak enak. Cita rasa masakan semakin nikmat saat bumbu dihaluskan menggunakan cobek. Dikarenakan metode yang kontras dari kedua alat tersebut, meskipun hasil akhirnya serupa. Blender memotong bahan, sementara cobek menghaluskannya melalui pengepresan. Proses pengepresan ini memungkinkan minyak atsiri dalam bahan dilepaskan, meningkatkan cita rasa hidangan. Namun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Bahkan jika menggunakan blender untuk menumbuk bumbu, kita masih bisa mendapatkan rasa yang enak dan aroma yang menggoda yang mirip dengan diulek. Berikut ini adalah tips blender bumbu seperti diulek:

Baca lainnya  Resolusi Diet Sehat di Tahun 2019 Ala Tim DuniaMasak

Tumbuk Bumbu Terlebih Dahulu

Sebelum menambahkan bumbu ke dalam blender, penting untuk menghancurkannya terlebih dahulu untuk mengekstrak minyak alaminya. Bumbu harus ditumbuk sampai tidak begitu halus, lalu dipindahkan ke gelas blender setelah ditumbuk1-3 kali. Cara ini tidak hanya mengeluarkan minyak alaminya tetapi juga memudahkan blender dalam mengolah bumbu yang bertekstur lembut.

Tumis Bumbu Sebentar

Kita bisa membuat rasa dan aroma bumbu menjadi lebih enak dengan memasaknya dalam wajan dengan sedikit minyak. Setelah dipotong, masukkan ke dalam wajan dan masak, pastikan untuk membaliknya agar tidak gosong. Setelah baunya benar-benar enak, angkat dari kompor. Kemudian, haluskan bumbu yang sudah dimasak menjadi satu.

Tambah minyak sedikit

Sebaiknya jangan gunakan blender untuk menggiling bumbu tanpa menambahkan cairan apa pun. Jika melakukan ini, blender harus bekerja sangat keras dan mungkin berhenti bekerja sama sekali. Agar proses penggilingan lebih mudah, sebaiknya tambahkan sedikit minyak. Minyak tidak hanya membantu bumbu menjadi halus tetapi juga membuat makanan terasa lebih enak. Jika menambahkan air ke bumbu tanpa minyak, rasanya akan pahit.

Baca lainnya  Rempah Unik Di Bali, Pernah Mencoba?
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan