Fakta Buah Tin, Buah Surga Yang Menarik!

Berasal dari kawasan Mediterania dan Asia Barat, buah tin merupakan spesies tumbuhan yang biasa dikenal dengan sebutan fig dalam bahasa Inggris. Menurut Ensiklopedia Pengobatan Herbal Syekh Khalid Jad, buah tin dapat ditemukan tumbuh di banyak negara, termasuk Turki, Mesir, Suriah, negara-negara Afrika bagian selatan, dan Iran. Buah yang secara ilmiah dikenal dengan nama Ficus carica ini termasuk dalam famili Moraceae yang merupakan suku tumbuhan berbunga. Nah kira-kira apa fakta buah tin, buah surga yang menarik ini ya?

Fakta Buah Tin

Fakta Buah Tin, Buah Surga Yang Menarik! via kompas ala tim duniamasak.com
Buah tin via kompas

Buah tin disebut juga buah ara, bentuknya bulat, seperti bawang, dan awalnya berwarna hijau tetapi berubah menjadi ungu saat siap untuk dimakan. Buah ara memiliki banyak air di dalamnya dan beberapa biji kecil juga. Beberapa orang tidak tahu banyak tentang buah ini. Berikut beberapa fakta buah tin yang jarang diketahui.

Khas Timur Tengah

Buah tin diketahui tumbuh subur di habitat yang kering dan membutuhkan jumlah air yang tepat. Dengan demikian, mereka umumnya ditemukan di daerah dengan iklim hangat. Selama musim panas dan musim gugur, pohon ini diketahui menghasilkan buah.

Buah tin telah ada selama kurang lebih 4000 tahun, dan awalnya ditanam di wilayah Arab dan Mesir. Karena asalnya, terbukti bahwa buah tin dianggap sebagai buah khas Timur Tengah, bersama dengan buah zaitun dan kurma.

Baca lainnya  Souvenir Pernikahan untuk Tamu Undangan di Masa Pandemi

Sebagai obat

Buah tin tidak hanya memiliki rasa seperti madu yang lezat, tetapi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan. Ini karena kandungan nutrisinya yang tinggi, yang meliputi kalsium, tembaga, magnesium, potasium, fosfor, dan zat besi, bersama dengan vitamin A, B6, C, dan K, seperti yang dilansir dari website healthyly. Untuk jangka waktu yang lama, pemanfaatan buah tin sebagai bentuk pengobatan telah dipraktekkan. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah tin dapat bermanfaat dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan pencernaan dan kesehatan tulang. Selain itu, telah dikemukakan bahwa buah tin mungkin memiliki potensi untuk meringankan penyakit kronis seperti diabetes.

Merupakan bunga

Bunga memainkan peran penting dalam tumbuhan, karena membantu reproduksi. Namun, pohon dari buah tin itu unik, karena sering dianggap tidak berbunga. Berlawanan dengan apa yang sering dikenal, buah tin sebenarnya adalah sekelompok bunga yang terbalik.

Buah tin sebenarnya adalah syconia, yaitu kelompok bunga yang terletak di permukaan buah tin . Ini berarti bahwa kita tidak akan melihat bunga tin individu, karena mekar di dalam infructescence atau banyak buah tin.

Proses penyerbukan dibantu tawon

Ketika tanaman ingin membuat benih baru, mereka membutuhkan bantuan hewan untuk melakukan sesuatu yang disebut penyerbukan. Bahkan tawon kecil dapat membantu menyerbuki tanaman khusus yang disebut buah ara.

Baca lainnya  Manfaat Besar Bunga Telang Untuk Kesehatan Wanita

Buah ara dan tawon saling membantu untuk menghasilkan lebih banyak. Tawon betina hidup di pohon ara dan bertelur di sana, sedangkan tawon ara membantu pohon ara menghasilkan lebih banyak buah ara dengan membawa serbuk sari.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan