Rempah Unik di Indonesia, Kamu Sudah Tahu?

Rempah unik di Indonesia via freepik ala tim duniamasak.com Andaliman

Bukan rahasia lagi bila Indonesia kaya akan rempah-rempahnya. Bahkan dalam sejarah pun Indonesia sudah dikenal akan kekayaan rempah-rempahnya sejak dahulu. Banyak juga rempah-rempah yang jarang diketahui banyak orang. Bahkan rempah-rempah ini tergolong langka dan unik. Yuk coba kita lihat bersama rempah unik di Indonesia ini!

Apa Saja Sih Rempah Unik yang Ada di Indonesia?

Sahabat Duma penasarankan kira-kira rempah unik dan langka seperti apa sih yang dimaksud? Sebagian dikatakan langka dikarenakan peminat pada rempah tersebut tidak sebanyak rempah yang biasanya kita gunakan. Sehingga rempah-rempah tersebut tidak menyebar luas disetiap daerah. Nah daripada kita masih menerka-nerka, simak rempah unik di Indonesia berikut ini:

Temu Mangga

Rempah Unik Temu mangga via lazada.co.id ala tim duniamasak.com
Temu mangga via lazada

Rempah temu mangga biasanya digunakan pada masakan-masakan khas Betawi, contohnya saja Laksa Betawi. Sekilas tampilan dari temu mangga mirip dengan kunyit, hanya saja warna temu mangga lebih pucat dibandingkan kunyit. Soal aroma, temu mangga memiliki aroma yang segar seperti buah kweni.

Baca lainnya  Resep Dessert ala Perancis Yang Manis nan Lezat

Botor

Botor via blibli ala tim duniamasak.com
Botor via blibli

Sama seperti halnya temu mangga, rempah botor juga digunakan untuk masakan-masakan khas Betawi. Botor berasal dari kecipir yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Bentuk botor adalah bulat dengan warna hitam. Di Sumatra botor terkenal dan biasanya disebut dengan kacang belimbing. Sedangkan di Jawa Barat, botor memiliki nama lain Jaat, dan di Bali disebut dengan kelongkong. Ternyata pesona botor terkenal di beberapa daerah di Indonesia ya sahabat Duma?

Asam gelugur

Rempah Unik Asam gelugur via greeners.co ala tim duniamasak.com
Asam gelugur via greeners.co

Asam gelugur sangat terkenal di daerah Sumatera Utara, sedangkan di daerah Jawa asam gelugur tidak terlalu dikenal. Asam gelugur sering digunakan untuk bahan masakan serta manisan.

Akar angin

Akar angin via shopee ala tim duniamasak.com
Akar angin via shopee

Akar angin biasanya digunakan untuk bahan masakan dan menambah citarasa. Akar angin berbentuk akar dengan warna kuning. Selain untuk masakan akar angin juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Akar angin sudah sulit ditemukan dan termasuk kedalam rempah unik yang langka.

Baca lainnya  Terapi Air Putih Demi Kesehatan dan Kecantikan: Lifestyle Masa Kini

Andaliman

Andaliman via freshplus26 ala tim duniamasak.com
Andaliman via freshplus26

Banyak yang baru mendengar rempah andaliman, bukan tanpa alasan sebab rempah ini memang sering digunakan di daerah Sumatera Utara saja. Banyak juga yang menyebut rempah unik andaliman dengan rempah Batak. Rasanya yang kuat dan unik, sering digunakan untuk bahan masakan ikan arsik.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!