4 Jenis Cuka yang Sering Digunakan di Dapur

Jenis cuka via freepik ala duniamasak

Cuka atau yang biasa disebut vinegar merupakan bumbu masak yang mempunyai tingkat keasaman yang cukup tinggi. Rasa asam ini berasal dari fermentasi cairan manis yang akan menghasilkan etanol dari bakteri asam. Biasanya, cuka dipakai untuk kebutuhan masakan yang berkuah seperti bakso, soto, dan semacamnya. Berikut akan tim Duniamasak.com jabarkan tentang 4 jenis cuka yang sering digunakan di dapur:

4 Jenis Cuka Yang Umum Digunakan

Jenis  beragam macam cuka vinegar via freepik ala duniamasak
Jenis cuka via freepik

Cuka Apel

Cuka yang satu ini memang sangat populer di dalam dapur. Cuka apel berasal dari fermentasi apel yang juga telah di ekstensif hingga menjadi cuka. Cuka ini memiliki warna kuning pucat yang hampir sama dengan warna daging apel. Khasiat dari cuka buah ini bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, hingga bisa menurunkan berat badan. Maka dari itu, cuka apel bisa digunakan untuk dressing salad.

Baca lainnya  Tips Meredam Suara Blender yang Bising

Cuka Beras

Cuka populer lainnya adalah cuka beras. Cuka ini berasal dari fermentasi anggur beras sehingga menghasilkan warna putih, merah, maupun hitam. Cuka beras mengandung asam asetat dan asam amino dengan takaran yang sedang. Khasiat dari cuka ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, serta melancarkan pencernaan. Biasanya, cuka beras dipakai untuk mengawetkan sayuran.

Cuka Tebu

Cuka tebu hampir mempunyai karakteristik yang sama dengan cuka beras. Walaupun bernama tebu, namun cuka ini tidak manis alias tetap asam seperti jenis cuka lainnya. Cuka ini memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan kualitas kulit tubuh dan menekan perkembangan sel kanker darah. Umumnya, cuka tebu banyak digunakan di negara Filipina.

Baca lainnya  Fakta Dibalik Kopi dan Durian, Bolehkah Dikonsumsi Bersamaan?

Cuka Malt

Selain membahas negara Filipina, terdapat cuka yang cukup terkenal di negara Jerman dan Belanda. Cuka malt terbuat dari biji gandum yang akan berubah menjadi maltosa sehingga mempunyai rasa malty yang tajam serta mengandung asam asetat. Cuka ini berguna untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh, menurunkan kolesterol, serta menurunkan berat badan. Umumnya, cuka malt dipakai untuk merendam ikan dan menjadi dressing salad.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!