Tips Memanggang Croissant Agar Renyah dan Tidak Gosong

Croissant adalah kue yang sangat populer di berbagai belahan dunia. Mereka dapat ditemukan di toko roti, dan rasa croissant akan bervariasi. Beberapa orang mungkin lebih menyukai croissant dengan rasa yang manis, sementara yang lain mungkin lebih menyukai croissant dengan rasa yang gurih. Nah bagaimana sih tips memanggang croissant agak renyah dan tidak gosong?

Tips Memanggang Croissant

roti Croissant Via Www.bbc.co.uk ala duniamasak Tips Memanggang Croissant Agar Renyah dan Tidak Gosong
Croissant via www.bbc.co.uk

Membuat croissant bisa jadi rumit bagi sebagian orang, tetapi itu sangat sesuai karena sangat enak! Beberapa tips yang harus diikuti jika ingin membuat croissant di rumah antara lain memastikan adonan mengembang dengan baik sebelum dipanggang, dan mengikuti proses pemanggangan dengan hati-hati. Berikut ini tips memanggang croissant:

Panaskan oven

Untuk membuat croissant yang sempurna, oven perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum dipanggang. Suhu yang dibutuhkan sekitar 180-200 derajat. Setelah 10 menit, proses pemanggangan akan dimulai dan suhu oven akan diturunkan menjadi 180 derajat sekitar 15 menit.

Oven listrik biasanya memiliki pengukur suhu yang akan menunjukkan suhu oven. Jika ingin mengetahui suhu oven tradisional, kita bisa menggunakan termometer khusus dapur.

Jangan buka tutup pintu oven

Saat membuat kue jenis ini, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak sering dilakukan. Seperti membuka pintu oven, walaupun kita mungkin sangat penasaran dengan bentuk akhir kuenya.

Baca lainnya  Beragam Pilihan Kue di Momiji Bake Store

Oven tidak boleh dinaikkan terlalu tinggi, atau panasnya akan menjadi terlalu panas dan croissant tidak akan mengembang dengan baik. Oven harus berada pada suhu yang stabil agar pemanggangan dapat bekerja dengan baik. Berlaku untuk oven listrik dan gas.

Pastikan panasnya merata

Untuk memanggang croissant dalam oven listrik, taruh semua adonan di tengah oven. Pastikan oven memiliki pengaturan panas atas dan bawah agar croissant terpanggang dengan baik. Tetapi jika memanggang roti dalam oven tradisional, kita dapat menggunakan teknik yang disebut “memindahkan adonan”. Artinya, pindahkan adonan dari atas ke bawah oven agar panas merata dan roti berubah warna menjadi cokelat keemasan.

Biarkan suhunya turun sebelum disajikan

Setelah croissant matang, croissant siap dikeluarkan dari oven. Jika sudah dingin, letakkan di rak pendingin agar croissant yang dilapisinya tetap renyah.

Kita bisa menggunakan rak pendingin atau baki untuk mendinginkan croissant. Setelah dingin, kita bisa memindahkannya atau menyajikannya.

Berikan jarak

Seperti kue lainnya, croissant juga membutuhkan bahan pengembang di dalam adonannya. Ini penting agar adonan tidak terlalu matang.

Baca lainnya  Yuk Konsumsi Ramuan Alami Demi Menjaga Kebugaran Tubuh

Memastikan ada cukup ruang di sekitar kue akan membantunya mengembang secara merata dan tidak padat. Ini juga akan membuatnya menjadi renyah, seperti yang kita inginkan!

Memanggang croissant agak rumit pada awalnya, tetapi dengan tips ini akan menjadi mudah. Kita bisa membuatnya di rumah, dan rasanya pasti enak.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan