Tips Merawat Mesin Espresso!

Mesin espresso adalah alat penting dalam industri kopi yang memungkinkan kita membuat secangkir espresso yang ideal dengan rasa dan aroma yang unik. Mesin ini dirancang untuk mengekstrak kopi dengan benar untuk membuat minuman kopi berkualitas tinggi. Cari tahu disini, tips cara merawat mesin espresso!

Mesin Espresso

Mesin Kopi SAECO Odea Giro via duniamasak.com Tips Merawat Mesin Espresso!
Mesin Kopi SAECO Odea Giro via duniamasak.com

Mesin espresso sangat disukai karena dapat menghasilkan kopi berkualitas tinggi. Tentunya mesin ini menggunakan teknologi canggih, seperti pompa bertekanan tinggi, pemanas yang diatur secara tepat, dan portafilter yang dirancang dengan baik, untuk mengekstraksi crema yang kaya, rasa seimbang, dan aroma yang memikat dengan cara terbaik. Mesin ini juga menawarkan kemudahan dan kecepatan, yang memungkinkan sahabat Duma memberikan espresso segar dengan cepat kepada pelanggan. Dengan fitur seperti pengatur suhu dan tekanan, dapat mempermudah proses pembuatan kopi untuk memenuhi pesanan pelanggan.

Mesin espresso dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, seperti mesin kopi rumahan, mesin kopi otomatis, dan mesin kopi komersial. Mereka juga dapat dikategorikan berdasarkan fitur dan proses pembuatannya. Mesin espresso manual, semi-otomatis, otomatis, dan kapsul dapat diklasifikasikan secara teknis. Singkatnya, mesin espresso manual tertentu dibuat untuk digunakan di rumah, sementara mesin espresso otomatis tertentu dibuat khusus untuk digunakan di tempat kerja komersial. Berikut ini adalah tips merawat mesin espresso:

Baca lainnya  Percaya Nggak Sih, dengan Makanan ini Kulit Bisa Putih Bersinar Lho!

Hindari bahan kimia untuk pembersihan

Untuk merawat mesin kopi, saran pertama adalah untuk membersihkannya hanya dengan air. Bahan kimia dapat tertinggal di dalam mesin dan memengaruhi rasa kopi. Jadi, jangan gunakan bahan kimia untuk membersihkannya.

Gunakan Sponge

Untuk menghilangkan noda lengket pada mesin kopi, basahi spons dengan air. Gosok perlahan area yang terkena noda. Hal ini membersihkan bagian mesin kopi tanpa menggoresnya.

Hindari menggunakan air panas

Banyak orang menggunakan air panas untuk menghilangkan noda membandel pada peralatan memasak, tetapi jangan gunakannya pada mesin kopi. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa beberapa bahan, seperti kaca, porselen, dan keramik, sangat rentan terhadap kerusakan atau pecah ketika terkena suhu tinggi.

Bersihkan bagian portafilter

Sebelum digunakan, portafilter mesin kopi harus dibersihkan setiap pagi. Untuk melakukan ini, tambahkan satu sendok teh soda kue ke dalam portafilter. Jalankan mesin selama sepuluh detik, matikan, dan ulangi empat kali.

Baca lainnya  Resep Sup Tahu Lezat & Hangat dari Korea: SUNDUBU JJIGAE, Buat Yuk!

Gunakan lap lembut

Setelah dibersihkan dan dibilas, langkah terakhir adalah mengelap mesin kopi. Setelah dicuci, jangan biarkan komponen lembap karena dapat menyebabkan masalah pada mesin di kemudian hari.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com