Trade Expo Indonesia 2021 Kembali Digelar secara Virtual

Trade-expo-indonesia-2021 dok. TEI via duniamasak.com

Tepat pada tanggal 27 September 2021, Kementerian Perdagangan resmi meluncurkan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 Digital Edition dengan tema ‘Reviving Global Trade’. Pameran berskala internasional ini akan diselenggarakan pada 21 Oktober – 4 November 2021 secara daring dan showcase produk akan digelar hingga 20 Desember 2021.

Trade Expo Indonesia 2021

Mendag berharap TEI ke-36 akan mampu mendorong percepatan transformasi perdagangan secara digital sehingga menciptakan wahana promosi serta transaksi dagang secara daring yang efektif dan efisien. Selain itu, Digital Edition akan memperkuat kemitraan dan mempertahankan keberlanjutan bisnis dengan para buyer, memperluas penetrasi ke pasar baru, membangun citra positif, serta meningkatkan daya saing akan ragam produk dan jasa Indonesia di pasar internasional. Seperti tahun sebelumnya, TEI 2021 akan menyajikan konsep katalog digital yang memberikan keleluasaan bagi peserta maupun pengunjung untuk menampilkan dan mengekplorasi informasi berbagai produk unggulan Indonesia.

Opening Trade Expo Indonesia 2021 via duniamasak.com
Opening Trade Expo Indonesia 2021 via duniamasak.com

Produk dan jasa dari Indonesia yang akan ditampilkan terbagi dalam 8 kategori yaitu manufactured product, digital lifestyle & services, medical & healthcare, renewable energy, food & beverage products, living comfort & amenities, fashion & beauty products, dan halal product. Mendag menargetkan TEI 2021 dapat mencapai transaksi nilai dagang sebesar USD 1,5 miliar dan diikuti 1.000 perusahaan serta diikuti 500.000 pengunjung. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi melanjutkan bahwa perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri perlu berperan aktif untuk meyakinkan buyer berkunjung ke TEI serta bertransaksi dengan para eksportir Indonesia.

Baca lainnya  Heni Maria "Semua Butuh Proses, Niatlah yang Utama"

Kegiatan Pendukung TEI 2021

Selain pameran produk dan jasa, TEI juga akan membuat berbagai kegiatan yang inspiratif seperti forum perdagangan, seminar, konseling bisnis, misi pembelian dan business matching. Terdapat hal yang berbeda pada penyelenggaraan forum perdagangan tahun ini dengan tahun sebelumnya yaitu akan dihadirkannya Menteri Perdagangan negara sahabat seperti Singapura dan Filipina, Direktur Jenderal WTO, dan juga Managing Director World Bank serta akan diselenggarakannya pula Halal Trade Forum. Tak hanya itu, akan dilaksanakan pula penganugerahan Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta. “Selain Halal Trade Forum, kami juga berkolaborasi dengan Indonesia Fashion Chamber untuk menyelenggarakan rangkaian kegiatan muslim fashion show dan gelar wicara. Ini merupakan salah satu langkah konkret pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat produk halal dan fesyen muslim dunia,” ucap Menteri Perdagangan.

Trade expo indonesia 2021 mendag dok. TEI via duniamasak.com
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di pembukaan Trade Expo Indonesia 2021 dok. TEI

Kegiatan promosi TEI 2021

Promosi dan sosialisasi TEI 2021 ke negara-negara mitra juga telah dilakukan Kemendag melalui kolaborasi dan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, termasuk kantor perwakilan RI dan  perwakilan perdagangan di luar negeri. Selain itu, Kemendag bekerja sama dengan pihak terkait  lainnya seperti investor, importir, distributor, pedagang grosir (wholesaler), pedagang ecer  (retailer), agen pembelian, serta perwakilan perusahaan asing dan domestik di Indonesia. Acara peluncuran TEI ini juga  dihadiri 500 undangan baik secara luring maupun daring yang terdiri dari kementerian / lembaga terkait, asosiasi, pelaku usaha, pemerintah daerah, media, serta perwakilan perdagangan di seluruh dunia. Pada acara ini juga dilaksanakan gelar wicara interaktif mengenai bagaimana meningkatkan ekspor melalui TEI Digital Edition dengan narasumber Mendag Lutfi, Direktur Utama PT BNI Tbk Royke Tumilaar dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Perdagangan Juan Permata Adoe.

Baca lainnya  5 Food Court Di Mall Jakarta Dengan Tema Modern

Duniamasak.com juga ikut mempromosikan TEI 2021 di semua social media platform agar bisa semakin banyak yang berkunjung secara daring. DuMa juga berharap agar TEI 2021 dapat berjalan dengan lancar dan sukses hingga akhir acara. Mari ramaikan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 bersama DuMa dan sampai bertemu disana!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!