7 Wisata Kebun Kopi yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan!

Hai sahabat duma, kamu hobi berwisata? Indonesia memiliki wisata kebun kopi yang sangat banyak lho sahabat duma! Kamu bisa mampir ke berbagai wisata kebun kopi di bawah ini!

Wisata Kebun Kopi

Wisata kebun kopi via iyakan.com

Wisata kebun kopi via iyakan.com

1. Pengalengan, Jawa Barat

Wisata pertama yuk mampir ke pengalengan, Jawa Barat. Kopi Malabar tumbuh subur di daerah ini. Salah satu produk yang terkenal adalah Malabar Mountain Coffee. Pemiliknya mempersilakan tamu berputar keliling kebun seluas kurang lebih 70 hektare itu. Kamu juga bisa berkunjung ke sebuah danau yang indah. Sembari menikmati kopi langsung di kebun kopi, kamu bisa memancing di danau buatan tersebut.

2. Dayan Gunung, Lombok Utara

Kebun kopi di daerah ini memang cukup terkenal lho! Muda-mudi sengaja mengunjungi lokasi itu untuk selfie, lantas diunggah ke media sosial. Letaknya tak jauh dari jalan pendakian Rinjani melalui jalur Senaru. Meski berada di jalur para pendaki, untuk menjangkau lokasi, tak diperlukan track yang sulit.

3. Kintamani, Bali

Bali tak sekadar punya pantai, sawah, atau gunung, tapi juga kebun kopinya nih! Di Kabupaten Bangli tepatnya, ada agrowisata yang mengajak turis untuk memetik dan minum kopi langsung di kebunnya. Lahannya cukup luas. Udaranya sejuk lantaran terdapat di dataran tinggi, yakni 1.200 mdpl.

Baca lainnya  [QUIZ] Bisakah Kamu Menebak Gambar Buah Lengkeng di Antara Duku?

4. Bolokan, Toraja

Terdapat perusahaan PT Sulotco. Produknya pun dinamai kopi Sulotco. Untuk menuju lokasi tersebut, perlu perjalanan panjang menembus kelokan tajam. Dulu, kebun itu kabarnya milik seorang warga Belanda bernama H.J. Stock van Dykk. Setelah merdeka, kebun ini dikelola PT Sulotco, yang sejatinya berkantor di Surabaya. Luas lahannya mencapai hampir 1.200 hektare. Sebanyak 800 hektare di antaranya digunakan sebagai lahan untuk menanam kopi.

5. Kebun Kopi Karanganyar, Blitar

Kebun kopi di daerah itu naik daun lantaran dikunjungi para traveler hits. Usut punya usut, kebun tersebut dikelola oleh PT Harta Mulia. Sejak dibuka awal 2016 lalu, keberadaannya tak pernah sepi pengunjung. Sebab, ada sebuah daya tarik yang magis, yang membuat pengunjung datang membanjir. Selain panorama, ada bangunan menyerupai benteng kuno. Bangunan ini dimanfaatkan menjadi sebuah kafe yang jadi tempat nongkrong anak-anak muda.

6. Gayo, Aceh

Barangkali, hampir semua orang kenal Gayo. Tanah di daerah ini sukses menghasilkan kopi terenak, kopi Gayo, yang kesohor hingga luar negeri. Gak cuma kopinya yang enak, kebunnya juga elok untuk dikunjungi. Berada di dataran tinggi di Aceh Tengah membuat kebun ini dijadikan lokasi bertamasya mencari hawa sejuk dan hijau-hijauan yang menyegarkan mata.

Baca lainnya  Intip Ragam Tepung dan Kegunaannya Dalam Berbagai Bahan Makanan

7. Temanggung, Jawa Tengah

Ada kebun kopi robusta terkenal di sana, sekalian tempat pemrosesannya bernama Rumah Kopi Temanggung. Letaknya di Desa Kedu, Temanggung, Jawa Tengah. Di sana, pemandangan hamparan kopi beserta jajaran gunung yang indah mampu membelalakkan mata. Tentu menyajikan lanskap yang tak bisa dilupakan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan