Yuk Ganti Alat Dapur ini Secara Berkala

Ganti alat dapur via freepik ala tim duniamasak.com

Salah satu bagian terpenting dalam rumah adalah dapur. Setiap hari ada saja aktivitas yang kita lakukan di dapur. Mulai dari memasak, hingga mencuci piring. Tentunya kebersihan di dalam dapur adalah hal yang sangat penting. Mulai dari lantai di dapur hingga alat-alat dapur yang kita sering gunakan, wajib kita perhatikan kebersihannya demi kesehatan keluarga. Bahkan sebagian alat dapur juga harus diganti secara rutin agar dapur menjadi lebih bersih. Yuk mulai ganti alat dapur berikut secara berkala!

Ganti Alat Dapur Untuk Menjaga Kebersihan

Ganti alat dapur via freepik ala tim duniamasak.com
Alat dapur via freepik

Sebagian alat dapur memang dibuat dengan tingkat ketahanan yang lama dan kita dapat berkali-kali menggunakannya. Namun, ada kalanya alat dapur yang kita beli sudah dianjurkan untuk diganti dalam jangka waktu tertentu, terlebih lagi alat dapur tersebut dapat mengganggu kesehatan kita. Nah, sahabat Duma sudah ganti alat dapur dibawah ini belum?

Baca lainnya  Ketahui Fakta Pinata Dalam Perayaan Ulang Tahun di Meksiko

Panci yang terkelupas

Panci yang kita beli tentunya memiliki daya tahan yang lama dan dapat kita pakai untuk melakukan aktivitas memasak secara berulang. Namun sebaiknya kita mengganti panci setiap lima tahun sekali, dikarenakan panci yang berumur biasanya lebih mudah rusak dan retak. Apalagi bila panci tersebut terbuat dari lapisan yang mudah terkelupas. Untuk menghindari senyawa kimia berbahaya dari panci yang terkelupas tersebut, ada baiknya kita mengganti panci tersebut ya sahabat Duma!

Talenan

Ganti alat dapur secara rutin termasuk pada alat dapur yang satu ini. talenan seringkali kita gunakan untuk mengiris ataupun memotong bahan masakan. Seringnya goresan-goresan pisau membekas pada talenan sehingga meninggalkan bekas bahan makanan yang menempel disela-sela goresan membuat kita harus ekstra saat membersihkannya. Bila talenan sudah banyak meninggalkan goresan, sebaiknya kita mengganti alat dapur tersebut secara berkala untuk mengindari bakteri yang menempel pada talenan.

Baca lainnya  Sisa Kaldu Berlebih? Jangan Dibuang!

Spons Cuci Piring

Spons salah satu alat yang sering kita gunakan untuk membersihan segala peralatan dapur yang kotor. Mulai dari piring, panci, gelas maupun sendok serta garpu. Oleh sebab itu kebersihan pada spons sangatlah penting, agar bakteri tidak menempel dan menyebar pada peralatan masak yang sedang dibersihkan. Jangan sampai spons mengeluarkan aroma yang tidak sedap yang sangat tidak baik bila digunakan. Untuk itu, sebaiknya kita rutin ganti alat dapur tersebut.

Handuk dapur

Kehadiran handuk ataupun lap sering kita gunakan untuk membersihkan dapur. Untuk itu bila handuk sudah menimbulkan bau yang tidak sedap sebaiknya kita ganti, agar tidak mengganggu kenyaman kita saat sedang melakukan aktivitas memasak di dapur.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!