Yuk Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran!

Suasana lebaran yang identik dengan silaturahmi tentu tak lepas pula dari kegiatan makan-makan.  Berat badan pun tanpa disadari bertambah ya sahabat duma! Kuncinya bukan hanya mengurangi porsi makan atau ikut tren diet ya! Menjaga berat badan dengan teratur adalah dengan berolahraga sesuai kebutuhanmu. Nah, tim DuniaMasak punya penjelasan lengkapnya nih untuk menjaga berat badanmu. Simak penjelasan di bawah ini!

Olahraga untuk Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran

Menjaga Berat Badan via www.go-dok.com

Menjaga Berat Badan via www.go-dok.com

Menurunkan berat badan, ataupun menjaga  bobot badan, adalah proses mengatur pola makan sehat, istirahat yang cukup, menghindari stres, dan melakukan olahraga teratur. Nah agar program sehat ini terpenuhi kamu perlu menerapkan beberapa tips tim DuniaMasak ya!

Olahraga teratur berperan penting dalam menjaga berat badan. Pasalnya, olahraga dapat membantumu membakar kalori ekstra dan meningkatkan metabolisme tubuh. Keduanya merupakan faktor-faktor yang diperlukan untuk mencapai keseimbangan energi yang dibuang dan masuk dalam tubuh. Apalagi selama lebaran ini kita disiguhkan berbagai macam jenis makanan dan minuman.  Ketika kamu berada dalam keseimbangan energi, itu berarti kamu membakar jumlah kalori yang sama dengan yang kamu konsumsi. Akibatnya, berat badanmu pun cenderung tetap stabil dan terjaga.

Waktu yang Tepat untuk Olahraga Setelah Lebaran

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas fisik sedang setidaknya 200 menit selama seminggu (30 menit sehari) punya peluang lebih besar untuk mengendalikan berat badannya lho! Dalam beberapa kasus, tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi mungkin diperlukan untuk pemeliharaan berat badan yang sukses. Salah satu penelitian menyimpulkan bahwa satu jam latihan sehari cukup optimal bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan.

Baca lainnya  Arti Warna Mawar Sebagai Kado di Hari Kasih Sayang

Namun, hal ini kembali lagi pada kebutuhanmu masing-masing. Apakah kamu ingin diet setelah lebaran agar lebih langsing, atau kamu hanya ingin mempertahankan berat badanmu saat ini. Kamu harus pandai memasang target ya!

Berikut Olahraga yang Efektif untuk Mengontrol Berat Badan Setelah Lebaran

Nah, untuk menurunkan dan menjaga berat badan setelah Lebaran, kamu membutuhkan aktivitas fisik yang tinggi kecuali kamu menyesuaikan dietmu dan mengurangi kalori yang kamu makan dan minum.

Olahraga dengan intensitas tinggi yang dapat mengontrol berat badan setelah Lebaran antara lain:

  • Jogging atau lari
  • Berenang
  • Lompat tali (skipping)
  • Sepak bola
  • Basket
  • Futsal

Namun, jika kamu hanya ingin mempertahankan atau menjaga berat badan agar tetap stabil setelah lebaran, kamu bisa melakukan latihan hingga 150 menit dengan intensitas sedang, 75 menit dengan intensitas tinggi. Olahraga dengan intensitas sedang yang dapat kamu lakukan untuk mengontrol berat badan antara lain:

  • Berjalan cepat selama paling tidak 15 menit
  • Beres-beres rumah seperti menyapu, memotong rumput, atau mengepel
  • Bermain dengan anak-anak
  • Bersepeda santai
Baca lainnya  Ingin membuat MPASI? Jangan Lupa Berikan EVOO

Meski begitu, lamanya waktu yang tepat dari aktivitas fisik yang dibutuhkan untuk melakukannya berbeda pada setiap. Ada kemungkinan bahwa kamu perlu melakukan lebih dari 150 menit aktivitas intensitas sedang selama seminggu untuk menjaga berat badan setelah Lebaran.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan