4 Bahan Pewarna Merah Alami Untuk Campuran Makanan

Pewarna merah alami via freepik ala duniamasak

Di bulan Februari ini, bisa dibilang suasana hatimu pasti sangat gembira. Mengapa begitu? Hati yang gembira ini karena kamu banyak melihat warna merah dan merah muda dimana-mana sehingga biasanya akan membuat hatimu berdebar-debar. Mulai dari cokelat berbentuk hati dengan warna pink yang lucu hingga kue tart dengan rasa red velvet yang akan membuat hari Valentine semakin dipenuhi rasa kasih sayang. Berbagai makanan manis tersebut tentu sangat memikat karena warna merahnya yang begitu menawan. Namun, tahukah kamu bahwa bahan makanan tersebut menggunakan warna merah yang alami dan bukan buatan sehingga tampak lebih lezat? Berikut beberapa bahan pewarna merah alami yang aman untuk campuran makanan.

Berikut Pewarna Merah Alami yang Aman Untuk Dicoba

Buah Bit

Bahan yang satu ini sangat populer untuk menghasilkan warna merah dan rasanya lezat untuk dijadikan campuran makanan. Ya, buah bit memiliki warna merah yang sangat pekat. Biasanya buah ini akan diekstrak dan dipakai untuk membuat jus atau bisa juga digunakan untuk campuran pembuatan kue red velvet.

Baca lainnya  Mesin Penggiling Kopi Praktis, Bagi Kamu Coffe Addict!

Buah Cranberry

Buah cranberry adalah bagian dari keluarga berry yang mempunyai warna merah yang cukup memikat. Buah ini bisa direbus dan dilumatkan sehingga dapat dijadikan campuran makanan. Selain itu, buah cranberry juga bisa dikeringkan untuk dibuat camilan manisan atau topping untuk kue.

Bunga Rosella

Tidak hanya enak untuk dipandang namun bunga ini juga lezat untuk dimakan. Bunga rosella terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan tubuh dan bisa menghasilkan warna merah alami untuk bahan makanan. Walaupun warnanya tidak terlalu pekat, namun bunga ini memiliki banyak kandungan antioksidan sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Angkak

Mungkin kamu masih awam dengan bahan yang satu ini. Angkak merupakan beras yang difermentasi hingga warnanya berubah menjadi merah. Umumnya bahan ini digunakan untuk campuran masakan China. Contohnya adalah ayam rebus angkak yang akan merubah warna kuahnya menjadi merah.

Baca lainnya  5 Makanan Favorit Khas Palembang yang Harus Kamu Cicipi

Demikian 4 pewarna merah alami yang aman untuk dicoba dalam masakan. Apakah ada rekomendasi bahan lain? Yuk tulis di kolom komentar 😀

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!