4 Jenis Kuah Hot Pot yang Paling Banyak Disukai

Kuah hot pot via freepik ala duniamasak

Hot pot adalah hidangan restoran asal Tiongkok yang sangat populer karena penyajian makanannya yang unik seperti di rumah. Konsep hot pot ini juga dikenal dengan nama steambot, sukiyaki, dan shabu-shabu tergantung pada isian menu makanan. Ketiga konsep tersebut memiliki kesamaan dalam teknik memasak dan penyajian makanan dalam bentuk kuah rebusan. Hidangan hot pot terutama kuahnya dipercaya sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat menyehatkan dan menghangatkan tubuh. Berikut 4 jenis kuah hot pot yang paling banyak disukai karena kenikmatannya dan khasiatnya!

4 Jenis Kuah Hot Pot Terpopuler!

Mala

Kuah Hot Pot Mala via  dimanaja.com ala duniamasak
Mala via dimanaja.com

Mala adalah salah satu hidangan yang terkenal dari Sichuan, Tiongkok. Kata ‘mala’ berasal dari bahasa Tiongkok dimana ‘ma’ berarti mati rasa dan ‘la’ berarti kepedasan. Bisa disimpulkan bahwa rasa dari mala adalah cukup pedas namun tetap lezat. Mala terbuat dari bermacam-macam rempah seperti merica, bawang putih, bubuk cabai, jahe, dan cengkeh serta ditambahkan lemak sapi dan minyak sayur agar lebih gurih.

Baca lainnya  Ingin Tahu Lebih Lanjut Seputar Fakta Tentang Kopi?

Tom Yum

Kuah Hot Pot tom yum via anakrantau.id ala duniamasak
Tom yum via anakrantau.id

Meskipun hot pot berasal dari Tiongkok namun masyarakatnya juga menyukai rempah-rempah khas negara Asia lainnya. Salah satunya adalah tom yum. Hidangan ini merupakan salah satu makanan khas  Thailand yang diracik dengan berbagai rempah yang otentik seperti serai, jeruk kunci, jahe, serta biasanya ada tambahan lemon agar semakin legit. Selain itu, umumnya tom yum juga dicampurkan dengan kaldu udang agar lebih gurih. Sama seperti mala, tom yum juga populer karena rasanya yang pedas namun menyegarkan.

Kolagen

Kolagen via  caping.co.id ala duniamasak
Kolagen via caping.co.id

Seperti yang diketahui bahwa kolagen adalah protein yang berada di otot, tulang, tendon, ligamen, organ, pembuluh darah, kulit, lapisan usus, dan jaringan ikat. Penggunaan kolagen dalam masakan dipercaya dapat menyehatkan tubuh, salah satunya dengan racikan kuah kaldu kolagen ayam. Bisa dibilang, kuah chicken collagen merupakan obat tradisional yang cukup membantu tubuh untuk melawan penyakit. Rasanya yang ringan ini sangat gurih dan enak dinikmati saat masih hangat.

Baca lainnya  Yuk Buat Lilin dengan Aroma Terapi Hanya dengan Bahan Dapur Ini

Miso

Miso via kawaiibeautyjapan.com ala duniamasak
Miso via kawaiibeautyjapan.com

Selain kolagen, terdapat juga kuah yang dianggap dapat menyehatkan tubuh yaitu miso. Kuah ini berasal dari sup miso asal Jepang yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Kandungan dari kuah miso memiliki protein, vitamin, dan mineral yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh manusia.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!