4 Trik Mudah Mengolah Bahan Makanan Di Dapur Yang Jarang Diketahui

Mengolah Bahan Makanan Di Dapur via freepik ala tim duniamasak

Dunia kuliner sedang banyak digandrungi oleh masyarakat di tahun ini. Tidak hanya untuk masakan yang diolah di rumah namun ada juga yang memanfaatkannya untuk bisnis makanan. Memang kelihatannya mudah karena hanya sekedar memasak, tetapi jika dilakukan dengan cara yang kurang benar, maka hasilnya akan tidak maksimal. Sebenarnya, memasak itu susah susah gampang ya? Jika berhasil, gampang untuk mengatakan mudah; namun jika gagal, tak jarang orang akan menyerah pada keadaan. Nah, ternyata hal buruk bisa terjadi karena disebabkan oleh teknik memasak yang dipakai.

Teknik Mengolah Bahan yang Lebih Gampang dan Cepat

Selain teknik yang benar dalam memasak, kebanyakan orang juga akan menghabiskan banyak waktu untuk mengolah makanan dan mobilitas yang mereka miliki menjadi berkurang dibanding waktu untuk menikmati makanan itu sendiri. Duma punya teknik mengolah bahan yang lebih gampang dan cepat nih. Yuk simak 4 trik mudah mengolah bahan makanan di dapur yang jarang diketahui:

Trik mengetahui telur yang masih layak dikonsumsi

Mengolah Bahan Makanan Di Dapur via food-hacks.wonderhowto.com ala tim duniamasak
Trik telur via food-hacks.wonderhowto.com

Ada cara mudah mengetahui telur yang masih layak dikonsumsi adalah dengan cara menenggelamkannya dalam air. Untuk mencoba trik mengolah bahan makanan di dapur ini, cukup siapkan gelas atau mangkuk yang berisi air dingin kemudian rendam telur. Cara melihatnya adalah jika telur tenggelam ke bawah dan berbaring di bawah wadah, artinya telur masih segar dan layak dikonsumsi. Sedangkan jika telur tenggelam tetapi agak melayang di tengah wadah berarti telur kurang segar namun masih bisa dikonsumi. Jika melihat telur melayang ke atas wadah, berarti telur tidak segar dan tidak boleh dimakan.

Baca lainnya  Resep Pudding Brownies Lezat Favorit Keluarga

Trik menaruh saus yang berlebih di cetakan es batu

Saus di dalam cetakan es batu via thegardeningcook.com
Saus di dalam cetakan es batu via thegardeningcook.com

Jika kalian sering membuat saus untuk pasta dan dalam jumlah banyak alias berlebihan, pasti sayang untuk membuang dan akan berakhir basi. Ada trik yang praktis untuk menyimpan saus pasta ini yaitu dengan menyiapkan cetakan es batu lalu tuang sisa saus yang tidak terpakai di dalamnya lalu dinginkan dalam kulkas. Trik ini jelas akan menghemat waktu dan bahan, karena sisa saus pasta ini bisa digunakan kembali dan rasanya pun masih segar serta kita juga lebih mudah menentukan seberapa banyak kubus saus pasta yang akan kita konsumsi di hari berikutnya.

Trik merebus tanpa tumpah

Mengolah Bahan Makanan Di Dapur via Thestir.cafemom.com ala tim duniamasak
Merebus via thestir.cafemom.com

Pasti sering diantara kalian yang suka merebus mie atau pasta lalu ketika sudah mulai mendidih, airnya akan membludak keluar kan? Apalagi jika menggunakan api besar, maka air akan lebih cepat naik ke atas. Jika memakai api kecil, kita jadi harus menunggu lama sampai masakan matang. Ada trik mudah dan efisien untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menaruh spatula kayu di atas panci. Menurut penelitian, spatula kayu ini dapat memecahkan balon-balon air sehingga menjadikan udara yang memberi tekanan untuk air yang naik ke atas tidak akan melewati batas panci.

Baca lainnya  Khasiat Puding Rumput Laut Bagi Kesehatan Tubuh

Trik mengupas bawang putih dengan cepat

Mengolah Bahan Makanan Di Dapur via hellosehat.com ala tim duniamasak
Mengupas bawang putih via hellosehat.com

Nah, bahan masakan yang satu ini juga biasanya akan menghabiskan banyak waktu kita di dapur. Ya betul, mengupas kulit bawang putih pasti akan repot dan lama apalagi mengupas siung per siung menggunakan pisau. Sebenarnya, ada trik yang mudah dan efisien yang bisa kita aplikasikan dalam kegiatan ini. Cukup siapkan piring dan wadah penyimpanan lalu tekan semua siung bawang putih dengan piring sampai kulitnya sedikit terkelupas kemudian masukkan siung bawang putih tersebut ke dalam wadah penyimpanan lalu kocok secara cepat. Ketika wadah dibuka, pasti semua kulit bawang putih sudah terlepas sempurna kan?

Bagaimana? Cukup gampang, kan? Semua trik diatas akan memudahkan kalian untuk mengolah bahan makanan di dapur secara cepat dan praktis. Tunggu trik-trik memasak selanjutnya dan tetap update dengan Blog Duniamasak ya ๐Ÿ™‚

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!