5 Fakta Baking Powder, Banyak yang Belum Tahu!

Fakta baking powder via freepik ala tim dunimasak.com

Sahabat Duma pasti sudah tahu bahwa baking powder sering digunakan untuk pengembang kue. Varian dari baking powder pun banyak sekali yang beredar di pasaran. Diantaranya adalah single-acting dan juga double-acting. Selain fakta tentang penggunaannya untuk mengembangkan kue, simak artikel drai Duma mengenai fakta baking powder lainnya!

Ternyata Ini Fakta Baking Powder, Yuk Intip Sebelum Memulai Baking

Fakta Baking powder via www.pexels.com ala tim duniamasak.com
Baking powder via www.pexels.com

Baking powder terbuat dari asam (cream of tartar), natrium bikarbonat dan juga bahan-bahan lainnya. Dari pencampuran bahan-bahan tersebut dihasilkan karbondioksida yang membuat adonan pada kue maupun roti memiliki gelembung. Sehingga membuat adonan kue atau roti menjadi mengembang. Asam yang terkandung didalamnya memicu pengembangan adonan saat terkena air. Berikut ini adalah fakta baking powder lainnya:

Single-acting baking powder

Single-acting baking powder akan aktif bila terkena cairan karena kelembabannya. Biasanya jika kita menggunakan single-acting adonan harus sesegera mungkin dipanggang agar tidak kehilangan efek mengembangnya. Kita dapat membuat single-acting dengan bahan dari baking soda dan cream of tartar dengan perbandingan 1 sdt baking soda dan 2 sdt cream of tartar.

Double-acting baking powder

Baking powder yang beredar biasanya lebih banyak yang jenis double-acting. Hal itu dikarenakan jenis ini bertahan cukup lama sebelum adonan dipanggang. Bahan yang terkandung pada jenis baking powder ini adalah dua garam asam yang berarti terjadi pelepasan gas dalam dua tahap. Diantaranya ketika dicampur dengan cairan dan saat adonan dipanaskan. Setiap bereaksi varian jenis ini mengeluarkan gas karbon dan menghasilkan ragi.

Baca lainnya  7 Pilihan Soto Paling Enak Khas Indonesia

Daya tahan

Baking powder yang telah dibuka biasanya bertahan sekitar 6 sapai 9 bulan. Kita dapat mengecek apakah baking powder tersebut masih bagus atau belum dengan cara meletakkan 1 sdt baking powder kedalam air hangat. Bila terdapat buih dan desisan pada air maka baking powder tersebut masih dapat digunakan. Sebaliknya, bila tidak terdapat buih dalam percobaan tersebut, saran Duma sebaiknya kita membeli baking powder yang baru agar dapat menghasilkan adonan kue atau roti yang sesuai dengan keinginan kita.

Rasa

Bagi sahabat Duma yang menerka-nerka rasa dari baking powder mungkin inilah jawabannya. Ya, baking powder memiliki rasa netral dikarenakan kandungan natrium bikarbonat serta asam. Dengan demikian baking powder sangat cocok untuk dipadukan dengan bahan-bahan dalam pembuatan kue.

Baca lainnya  Hawai View dan Healthy Menu? Kamu Wajib ke Hula Hula Nih!

Cara menyimpan baking powder yang tepat

Sebaiknya kita letakkan baking powder pada ruangan yang kering dan hindari disimpan dalam ruangan yang hangat dan juga lembab. Sebaiknya baking powder tidak dimasukkan kedalam lemari es dikarenakan kondensasi (pengembangan dikarenakan dingin) dalam wadah dapat merusak kualitas baking powder.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!