5 Ikan Protein Tinggi, Enak dan Sehat!

Ikan protein tinggi salmon via freepik ala tim duniamasak.com

Protein termasuk kedalam salah satu asupan yang diperlukan oleh tubuh. Protein berperan penting untuk pembentukan tulang, kulit, darah bahkan otot. Oleh sebab itu kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan protein, salah satunya ikan. Ada 5 ikan protein tinggi yang bisa sahabat Duma konsumsi untuk melengkapi kebutuhan akan protein. Apa saja? Yuk disimak!

Protein Tinggi pada Ikan

Ikan protein tinggi salmon via freepik ala tim duniamasak.com
Ikan salmon via freepik

Tubuh memang tidak lepas dari protein. Manfaat protein yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh membuat kita sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein. Ikan misalnya, berikut ini adalah ikan yang mengandung protein tinggi yang dapat sahabat Duma konsumsi:

Ikan cakalang

Ikan protein tinggi, salah satunya dimiliki oleh ikan cakalang. Dengan kandungan protein 19,6 gram pada 100 gram ikan cakalang. Ikan cakalang sendiri biasanya dapat ditemukan di laut tropis maupun subtropis. Ikan cakalang ini juga sangat terkenal di daerah Sulawesi utara dan sering diolah menjadi abon ikan atau ikan asap. Ikan ini juga dijual di pasar tradisional maupun supermarket.

Baca lainnya  Cara Menghias Telur Paskah Menjadi Elok nan Unik

Ikan salmon

Ikan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kandungannya. Dengan segudang kandungan yang dapat menyehatkan tubuh ikan salmon juga termasuk kedalam ikan protein tinggi. Kandungan protein dalam 100 gram ikan salmon adalah 20 gram. Selain itu ikan salmon juga memiliki kandungan mineral lainnya seperti kalium, selenium, dan vitamin B12. Ikan salmon juga memiliki tekstur yang lembut, sehingga sangat udah diolah serta dikonsumsi.

Ikan patin

Ikan patin ternyata memiliki dua jenis asam lemak yang yaitu DHA dan EPA yang juga dimiliki oleh ika salmon dan ikan tuna. Ikan patin juga memiliki 17 gram protein dalam setiap 100 gram daging ikan patin. Ikan yang sering diolah bersama bumbu pindang ini merupakan ikan air tawar unggulan. Oia ikan patin juga cocok untuk sahabat Duma yang sedang diet. Pasalnya ikan patin ini mengandung rendah sodium.

Baca lainnya  Fakta yang Jarang Diketahui Orang Banyak Tentang Takjil Kolak

Ikan bandeng

Ikan bandeng merupakan ikan yang mudah ditemukan. Walaupun ikan ini asli dari air laut, siapa sangka bahwa bandeng juga bisa dibudidayakan di air tawar. Kandungan protein dalam 100 gram daging ikan bandeng adalah 20 gram. Ikan bandeng juga dapat diolah menjadi bermacam-macam masakan lezat. Ikan ini juga memiliki asam lemak omega 3 yang sangat menyehatkan otak.

Ikan kembung

Ikan yang terkenal di Maluku dengan sebutan ikan lema ini ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi. Perlu sahabat Duma ketahui, ikan kembung mengandung 21,3 gram protein dalam setiap 100 gram daging ikan kembung. Ikan kembung pun sering diolah dengan cara dipepes maupun dibalado.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!