7 Macam Sayuran Rebus yang Lebih Sehat & Bermanfaat

Yuk konsumsi sayuran rebus via pexels.com

Sahabat Duma, bagaimana biasanya kamu mengolah sayuran? Ditumis? Digoreng? Dikukus? Direbus? atau bahkan Digulai? Nah, ternyata ada ketentuan khusus, bahwa sayuran akan jauh lebih baik jika kamu mengolahnya dengan direbus saja. Sebuah penelitian baru-baru ini mengatakan bahwa sayuran rebus akan jauh lebih kaya dan sehat manfaatnya lho. Diyakini ketika sayuran direbus, itu akan membantu mempertahankan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya.

Sayuran Rebus Kaya Nutrisi

Kali ini DuniaMasak akan membahas beberapa sayuran yang sangat dianjurkan jika direbus. Apa aja sih? Simak penjelasannya berikut ya!

1. Wortel

Wortel via www.beritacener.com

Wortel via www.beritacener.com

Pengolahannya sangat mudah. Kamu bisa merebus segenggam wortel dalam air biasa. Kamu dapat menambahkan sedikit garam ataupun lada saat merebus wortel sesuai selera. Sebagaimana yang kita tahu bahwa wortel rebus baik untuk mata. Kandungan gizi wortel yang kaya akan vitamin A dan C sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan merebusnya terlebih dahulu, vitamin serta nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam wortel tentu dapat lebih maksimal untuk diserap di dalam tubuh.

2. Kentang

Kentang via doktersehat.com

Kentang via doktersehat.com

Jika kamu merebus kentang, artinya kamu mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Oleh karena itu kentang rebus sangat disarankan bagi kamu yang sedang dalam proses diet. Manfaat kentang rebus bukan hanya sekedar pengganti nasi saja. Kentang rebus memiliki banyak kandungan vitamin B kompleks. Kandungan vitamin tersebut ternyata mampu membantu sejumlah sel darah yang ada di dalam tubuh kita. Kentang rebus juga mampu mengurangi karbohidrat, energi yang ada di dalam kandungan protein, juga kandungan lemak dari jenis makanan apapun yang kamu konsumsi.

3. Bayam

Bayam via www.alodokter.com

Bayam via www.alodokter.com

Para ilmuwan menganggap sayuran hijau memberikan manfaat maksimal ketika dikonsumsi dalam bentuk rebus. Kandungan berbagai vitamin pada bayam mampu mencegah rematik, mencegah osteoporosis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah anemia, menjaga agar mata tetap sehat, melawan penyakit jantung, mengurangi risiko terkena kanker, dan menjaga kesehatan kulit. Wah, banyak banget kan manfaatnya.

Baca lainnya  Makanan Ringan Khas Bandung Yang Terkenal Enak

4. Brokoli

Brokoli via www.efeksampingvigpower.com

Brokoli via www.efeksampingvigpower.com

Cara terbaik menyajikan brokoli adalah dengan merebusnya. Jika kamu ingin mengkonsumsi sayuran ini saja, cukup tambahkan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam air rebusan. Kamu juga bisa mengkombinasikan dengan rasa olahan minyak ataupun bumbu sesuai selera. Brokoli rebus memberikan manfaat diantaranya seperti kecantikan dan kesehatan tubuh. Mengontrol kolesterol, penting untuk kesehatan mata, sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, dan sumber antioksidan.

5. Kembang Kol

Kembang Kol via www.merdeka.com

Kembang Kol via www.merdeka.com

Kembang kol kaya akan senyawa yang dikenal sebagai glucoraphanin. Senyawa ini dikatakan dapat mencegah perut dari infeksi yang menyebabkan bisul. Karena kaya serat, kembang kol juga baik untuk kesehatan usus, sehingga dapat mencegah maag. Selain itu kembang kol kaya akan antioksidan sehingga mampu mencegah penuaan dini.

Baca lainnya  Menu Enak di Hari Valentine, Sajikan Ini Untuk Pasanganmu!

6. Buncis

Buncis via poskotanews.com

Buncis via poskotanews.com

Buncis juga sebaiknya direbus agar vitamin dan nutrisi penting di dalamnya nggak menguap begitu saja, selain itu supaya menjadi lebih renyah saat dikunyah. Mengonsumsi buncis rebus sangat baik untuk pengidap diabetes lho.

7. Kubis

Kubis via kabartani.com

Kubis via kabartani.com

Kubis bila direbus memiliki lebih banyak rasa lho sahabat duma! Air yang digunakan untuk merebus kubis harus ditambahkan ke hidanganmu karena mengandung rasa yang khas. Kamu juga bisa mengonsumsi kubis in secara langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu, namun dicuci dulu hingga bersih ya!

Semoga bermanfaat ya deskripsi dari tim Duma. Konsumsi sayuran rebus setiap hari yuk!

 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!