7 Pilihan Soto Paling Enak Khas Indonesia

Soto Paling Enak Khas Indonesia via freepik ala tim duniamasak

Soto adalah makanan Indonesia yang sangat terkenal karena hampir disetiap daerah Indonesia pasti memiliki Soto khas daerah masing-masing. Berdasarkan penelusuran Duma, Duma menemukan 7 pilihan soto paling enak khas Indonesia yang wajib untuk sahabat Duma cicipi.

Soto Khas Indonesia

Soto Paling Enak Khas Indonesia Soto Betawi via freepik ala tim duniamasak
Soto Betawi via freepik

Sahabat Duma pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Indonesia yang satu ini? Ya, Soto namanya, meski namanya soto faktanya setiap daerah memiliki resep soto yang berbeda-beda lho. Dari tampilan dan bahan-bahan yang diolah umumnya memiliki persamaan, dimana bahan utamanya adalah daging ayam dan daging sapi. Yuk simak 7 pilihan soto paling enak khas Indonesia.

Soto Betawi

Soto Betawi biasanya ditandai dengan penggunaan santan atau susu sebagai bahan pembuatan kuahnya. Umumnya soto Betawi berisi potongan daging sapi bahkan jeroan untuk melengkapi rasa dari sotonya. Soto betawi biasanya disajikan dengan jeruk nipis, emping, acar, sambal dan minyak samin.

Soto Medan

Sekilas soto Medan mirip dengan soto Betawi, hal itu dikarenakan budaya India yang menyebar pada kedua daerah tersebut. Walapun terlihat mirip, bahan-bahan untuk meracik kuah soto Medan berasal dari kapulaga dan rempah-rempah yang menambah aroma sedap.

Baca lainnya  Mengatasi Maag Bukanlah Hal Sulit, Berikut Bahan Alami yang Harus Kamu Konsumsi

Soto Lenthok

Soto yang berasal dari daerah Yogyakarta ini memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya Lenthok merupakan perkedel berbahan singkong yang di bentuk bulat lalu digoreng. Lenthok sendiri dibuat untuk melengkapi soto yang telah disuwir daging ayam.

Soto Kudus

Soto yang terkenal karena rasanya yang enak ini biasanya menggunakan suwiran daging ayam dan kerbau. Awal mulanya soto ini menggunakan daging kerbau, namun saat ini soto kudus juga menggunakan suwiran ayam. Hal ini dikarenakan daging ayam memiliki tekstur yang empuk dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengolahnya. Selain itu, sayuran toge dan telur rebus juga menjadi pelengkap soto kudus ini.

Soto Lamongan

Soto yang terkenal di daerah Jawa Timur ini sering dijumpai dipinggir-pinggir jalan menggunakan gerobak. Rasa dari soto ini pun sangat lezat dan gurih karena diolah menggunakan rempah-rempah seperti merica, ketumbar, dan kemiri. Karena menggunakan kunyit maka kuah dari soto lamongan pun berwarna kekuningan.

Baca lainnya  Berbagai Macam Pilihan Pisau Sesuai Kegunaannya

Soto Madura

Umumnya soto madura menggunakan ayam kampung yang diolah sebagai pelengkap. Namun seiring berkembangnya olahan daging sapi, maka tak jarang kita menemukan soto madura yang dilengkapi daging sapi. Soto madura dilengkapi juga daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis dan soun.

Soto Banjar

Soto paling enak khas Indonesia terakhir adalah soto banjar khas Banjarmasin. Soto ini biasanya menggunakan bahan utama daging ayam yang dilengkapi dengan rempah-rempah. Kuah dari soto ini bening dan tidak berwarna kuning seperti soto kebanyakan. Untuk melengkapi soto banjar biasanya ditambahkan telur bebek rebus, bihun, perkedel kentang dan daun bawang serta seledri.

Wah dari 7 pilihan soto paling enak khas Indonesia ini, sahabat Duma paling suka sama soto yang mana? Kalau Duma sih suka semua ya, karena rasanya enak-enak. Jika sahabat Duma penasaran, bisa juga nih buat soto sendiri resepnya dari Duma, yuk cek disini resep soto betawi ala tim Duniamasak.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!