Pengeluaran Lebaran, Yuk Persiapkan Mulai Sekarang!

Sebagian dari kita pasti mengiyakan bahwa pengeluaran lebaran memang membengkak bila kita tidak bijak dalam mengalokasikannya. Senang akan mendapatkan THR dan mempersiapkan diri untuk pulang kampung serta membeli pakaian baru membuat kita lupa ternyata ada pengeluaran lainnya yang harus kita persiapkan. Sudahkah kita mempersiapkan hal-hal berikut ini?

Persiapan Lebaran VS Pengeluaran Lebaran

Pengeluaran Lebaran, Yuk Persiapkan Mulai Sekarang! via freepik ala tim duniamasak.com
Pengeluaran lebaran via freepik

Tentunya lebaran yang tinggal menghitung hari ini harus kita persiapkan dengan baik. Tidak ingin terlena oleh dana THR yang banyak sehingga membuat kita boros dalam membeli sesuatu. Jangan sampai saldo THR kita habis dan lupa akan pengeluaran lebaran yang harus kita siapkan. Berikt ini adalah pengeluaran menjelang lebaran yang perlu sahabat Duma siapkan:

Zakat

Sebagai umat muslim zakat adalah kewajiban. Maka dari itu siapkan dana untuk zakat jauh hari sebelum lebaran. Kalkulasikan keuangan sahabat Duma, kemudian persiapkan untuk zakat yang harus sahabat Duma bayarkan.

Biaya makanan lebaran

Untuk dana yang satu ini memang tidak kecil pengeluarannya. Maka dari itu perhitungan yang matang pun harus dilakukan. Hal tersebut agar menghindari pengeluarana yang besar dan tidak terkontrol. Kita harus siapkan dana untuk membuat kue lebaran atau membeli kue untuk lebaran. Selain itu juga harus menyiapkan dana untuk membeli kebutuhan masakan untuk sajian ketika lebaran. Tak hanya itu sediakan minuman yang ringan sehingga dapat kita sajikan saat lebaran.

Baca lainnya  WOW! Ternyata Jenis Berry Banyak Banget Loh

Pakaian baru

Memang tidak harus pakaian yang baru, yang terpenting pakaian tersebut masih baik. Namun apabila kita ingin membeli pakaian baru sebaiknya manfaatkan diskon yang ada ketika lebaran. Selain bisa menghemat juga kita dapat mengontrol dana yang dikeluarkan untuk sebuah pakaian. Jangan sampai saldo menjadi nol karena kita belum mempersiapkannya dari jauh-jauh hari yah.

Mudik

Mudik merupakan salah satu aktivitas yang rutin dilakukan sebagian orang. Apalagi berkumpul dengan keluarga yang jauh, tentunya menambah rasa gembira. Nah bagi sahabat Duma yang merencanakan mudik pada tahun ini, maka sediakanlah dana khusus mudik. Mulai dari dana keberangkatan, dana selama mudik, dan dana pasca mudik.

Baca lainnya  Tetap Diet Saat New Normal, Ini Tipsnya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan