7 Varian Kopi Arabika Jawa, Sudah Pernah Coba?

Varian kopi via freepik ala tim duniamasak.com

Mendengar kata “kopi Jawa” saja pastinya orang-orang sudah mengetahui kualitas dan rasanya. Kopi yang berasal dari Jawa tersebut menghasilkan kopi terbaik bertaraf Internasional. Kopi Jawa dan kopi Sumatera memiliki daya tarik masing-masing. Kedua kopi tersebut memiliki ketertarikan pada cita rasa masing-masing. Pegunungan Ijen merupakan salah satu pusat produksi kopi arabika. Abad ke 18 pada masa kolonial Belanda budidaya kopi arabika ini telah ada. Varian kopi arabika Jawa pun ternyata ada

Varian Kopi Arabika

Varian kopi via freepik ala tim duniamasak.com
Kopi via freepik

Kopi arabika Jawa memiliki banyak varian. Tentunya setiap varian kopi memiliki rasa yang khas. Berikut ini 7 kopi arabika Jawa yang wajib sahabat Duma ketahui:

Kopi Arabika Arjuno

Dari namanya saja terdapat sentuhan kata yang berasal dari Jawa. Kopi organik ini asalnya dari Pasuruan. Pada event Word Plantation Conferences and Exhibition kopi Arabika Arjuno menjadi kopi terfavorit. Kopi ditanam pada ketinggian sekitar 1000m hingga 1400m diatas permukaan laut. Banyak orang yang ingin menikmati kopi ini sebagai teman bersantai.

Baca lainnya  Hindari Mencampurkan Buah dengan Makanan Ini, Bisa Berbahaya!

Kopi Arabika di Garut

Garut memiliki kopi yang tidak kalah terkenal. Kopi arabika Cikuray, kopi arabika Talaga Bodas, kopi Papandayan dan masih banyak kopi jenis lainnya. Soal rasa tentunya masing-masing kopi memiliki ciri khas tersendiri. Apalagi kopi-kopi ini menjadi daya tarik dan membuka peluang bagi warga sekitar untuk membuka kedai kopi.

Kopi Arang

Kopi ini dapat dibilang unik, karena kopi ini mengeluarkan aroma campuran cabai. Berasal dari kota Jember menjadikannya salah satu kopi yang memiliki banyak penggemar dari kalangan penikmat kopi. Keunikan yang terletak pada kopi arang adalah pada cara pembuatannya. Kopi arang disangrai hingga berwarna gelap atau gosong. Rasa yang ditimbulkan pahit dan memiliki aroma yang kuat.

Baca lainnya  Yuk Cobain Resep Nugget Jamur Tiram Enak dan Sehat!

Kopi Aroma Bandung

Kopi yang dibangun oleh Tan Houw ini sudah tersebar ke berbagai daerah. Pasalnya, kopi ini memiliki banyak konsumen tiap daerah.

Java Preanger

Disebut Java Preanger ini karena ditanam di daerah Priangan, Jawa Barat. Tidak heran bila kopi ini mendapat perlindungan indikasi geofrafis. Pasalnya rasa yang dihasilkan dari kopi Java Preanger ini sangatlah istimewa.

Kopi Arabika Jawa Ijen

Berada di Bondowoso kopi ini beri sebutan Kopi Arabika Jawa Ijen. Kopi ini memiliki rasa yang kuat namun tidak terlalu pahit. Banyak masyarakat bahkan turis yang menyukai kopi ini.

Kopi Arabika Jawa Tengah

Kopi ini asalnya dari daerah Temanggung. Rasa yang unik dari kopi Jawa Tengah ini memang menarik. Pasalnya, rasa pahit yang ditinggalkan setelah meminum kopi ini.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!