5 Manfaat Kopi Jamur, Ada yang Pernah Coba?

Manfaat kopi jamur via freepik ala tim duniamasak.com

Kopi jamur mungkin terdengar aneh di telinga kita, namun rupanya kopi jamur memang benar adanya. Bila umumnya kacang-kacangan, cokelat dan juga susu yang dijadikan bahan campuran dalam minuman kopi, hal ini berbeda dengan kopi jamur yang memanfaatkan jamur sebagai campuran untuk kopi. Minuman kopi jamur rupanya sangat terkenal di negara Finlandia. Cara membuat kopi jamur cukuplah mudah karena kita cukup menyiapkan ekstrak maupun bubuk jamur. Kopi jamur memiliki banyak manfaat, berikut ini adalah manfaat kopi jamur yuk kita simak bersama tim Duniamasak.com!

Simak Manfaat Kopi Jamur!

Manfaat kopi jamur via freepik ala tim duniamasak.com
Kopi jamur via freepik

Sahabat Duma pastinya memanfaatkan jamur yang dikombinasikan dengan masakan seperti soup maupun pizza. Namun kali ini kita akan membahas jamur yang dikombinasikan dengan kopi sehingga menghasilkan kopi jamur yang kaya akan manfaat. Bagi sahabat Duma yang penasaran apa saja manfaatnya, berikut ini adalah jawabannya:

Baca lainnya  5 Tips Memasak Anti Gagal ala duniamasak.com

Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat yang pertama adalah meningkatkan kesehatan otak. Kandungannya dapat meningkatkan fungsi neurotransmiter dan juga pertumbuhan neuron. Senyawa kimia tersebut bertugas untuk menyampaikan sinyal pada sel saraf. Dengan demikian ketika kita mengonsumsi jamur dapat meningkatkan dan juga menjaga kemampuan kognitif dan memori seseorang. Tentunya hal tersebut dapat mencegah kita dari penyakit Alzheimer.

Meningkatkan imunitas tubuh

Jamur yang dikombinasikan dengan kopi memang menyimpan banyak manfaat salah satunya adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Jamur mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Kandungan tersebut memiliki antiinflamasi yang dapat membantu fungsi sel-sel imun seperti sel makrofag dan T yang dapat memerangi sel-sel penyakit yang ada dalam tubuh.

Baca lainnya  Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui!

Menurunkan risiko kanker

Jamur dapat menurunkan risiko beragam jenis kanker. Tidak hanya mencegah jamur juga mampu untuk meredakan efek dari pengobatan kanker seperti kemoterapi yang biasanya muncul rasa mual. Kita dapat memanfaatkan kopi jamur untuk mengkonsumsi jamur.

Mencegah penyakit jantung

Jamur juga sangat bagus untuk kesehatan jantung. Utamanya pada jamur reishi yang memiliki manfaat yang lebih tinggi. Tumbuhan ini dapat menurunkan kolestrol dalam darah dan juga dapat meminimalisir risiko penyakit jantung.

Manfaat kopi jamur mencegah asam lambung

Mengkonsumsi kopi jamu yang menggunakan jamur chaga dapat membantu kita mencegah bahkan dapat mengatasi asam lambung. Selain jamur chaga manfaat ini juga terdapat pada jamur lion’s mane dan reishi.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!