8 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasukkan ke Kulkas

makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan kulkas via freepik.com ala tim duniamasak

Saat ini kulkas menjadi peralatan pendingin elektronik yang wajib ada didalam rumah. Kulkas dapat menyimpan berbagai makanan sehingga dapat bertahan lebih lama lagi. Untuk menjaga kualitas makanan agar tetap segar dan awet biasanya kita langsung memasukkannya ke dalam kulkas. Namun ternyata, tidak semua makanan yang dimasukkan ke dalam kulkas akan menjadi baik untuk dikonsumsi malah justru sebaliknya. Tim duniamasak akan berbagi informasi mengenai makanan apa saja yang sebaiknya tidak dimasukkan kulkas. Yuk simak!

Tidak Semua Makanan menjadi Segar didalam Kulkas

makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan kulkas via freepik.com ala tim duniamasak
Makanan di kulkas via freepik.com

Walaupun fungsi kulkas untuk menjaga kualitas makanan, ada beberapa makanan yang kandungannya gizinya malah berubah jika dimasukkan ke dalam kulkas. Bahkan beberapa makanan ini dapat dengan cepat membusuk dan merubah citarasanya. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan kulkas:

Tomat

Tomat sebaiknya tidak dimasukkan kedalam kulkas agar tidak cepat lembek apalagi sampai memiliki rasa yang hambar. Cara terbaik untuk menjaga kandungan vitamin pada tomat adalah dengan menyimpannya pada suhu ruangan atau pada kantung kertas.

Baca lainnya  Kamu Pernah Mendengar Tentang Kue Ku? Berikut Penjelasannya!

Kentang

Kentang memiliki pati yang dapat berubah menjadi gula jika disimpan pada suhu dingin. Jika kentang dimasukkan ke dalam kulkas maka kita akan merasakan kandungan gula yang ada didalam kentang tersebut. Hal itu sangat tidak baik jika dikonsumsi karena dapat berbahaya untuk kesehatan.

Minyak

Minyak menjadi bahan paling utama dan selalu tersedia didapur. Minyak goreng dan berbagai jenis minyak lainnya selain minyak yang memiliki kandungan rendah lemak jenuh, sebaiknya tidak dimasukkan kedalam kulkas. Minyak yang disimpan kedalam kulkas akan mudah beku dan menggumpal.

Roti

Roti adalah makanan yang memiliki tingkat kesegaran yang singkat. Roti sangat cocok disimpan di suhu ruangan dibanding suhu didalam kulkas. Apabila roti dimasukkan ke dalam kulkas akan merubah kelembapan dari roti tersebut. Roti akan menjadi kering bahkan keras dan apek.

Daun Bumbu Dapur

Daun bumbu dapur biasanya digunakan untuk menyedapkan masakan. Macam-macam daun bumbu dapur seperti daun salam, seledri dan kemangi ada baiknya tidak disimpan di kulkas. Karena daun-daun bumbu dapur ini mudah menyerap aroma makanan lain yang ada di kulkas yang dapat mengurangi aroma dari daun itu sendiri. Agar tetap segar, rendam daun-daun bumbu dapur ini kedalam wadah berisi air.

Baca lainnya  Berikut ini Pengganti Kopi Bagi Kamu Penderita Maag

Buah-buahan

Hindari meletakkan buah-buahan seperti jeruk, pisang, apel dan alpukat ke dalam kulkas. Buah-buahan tersebut lebih baik di letakkan disuhu ruangan. Jika pisang diletakkan didalam kulkas akan membuat pisang menjadi lebih cepat hitam dan membusuk. Lain halnya dengan alpukat, jika alpukat disimpan didalam kulkas akan membuat proses kematangan alpukat terhambat. Jika ingin menyantap buah-buahan dalam keadaan dingin, ada baiknya simpan buah-buahan tidak lebih dari 30 menit.

Bawang

Bawang sangat mudah membusuk dan aromanya menyeruak hingga menempel pada makanan yang ada didalam kulkas. Bawang juga mudah menumbuhkan tunas dan berjamur jika disuhu dingin dalam kulkas. Akan lebih baik jika bawang disimpan di tempat yang kering, sejuk dan memiliki ventilasi.

Kopi

Kopi sangat dianjurkan untuk disimpan didalam wadah yang kedap udara. Jika kopi disimpan didalam kulkas, kopi dapat menyerap aroma pada makanan lain dikulkas yang dapat mempengaruhi kualitas rasa dari kopi tersebut.

Ayo sahabat duma, mulai sekarang dipilah-pilih yah makanan apa saja yang sebaiknya ada didalam kulkas maupun yang harus dihindari.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!