Mengenal 5 Jenis Timbangan dan Fungsinya

Timbangan atau yang bisa disebut juga sebagai neraca merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur massa benda. Timbangan mempunyai banyak jenis sesuai dengan kegunaannya. Tetapi, masih banyak orang yang menggunakan satu timbangan untuk berbagai macam fungsi. Hal ini tentu tidak akan bekerja secara maksimal. Maka dari itu, Duniamasak.com ingin memberikan informasi terkait 5 jenis timbangan yang paling sering dipakai termasuk dalam berkegiatan memasak loh!

Jenis Timbangan dan Kegunaannya

Cara Merawat Timbangan Dapur via freepik ala tim duniamasak.com
Timbangan via freepik

Timbangan Injak

Bagi yang sedang menjalani pola hidup sehat, pasti sudah tidak asing dengan timbangan ini yang mungkin sering dipakai setiap hari. Ya, timbangan injak kerap kali digunakan untuk mengukur berat badan. Dalam pembuatannya, timbangan ini memang khusus berfungsi untuk mengukur berat badan sehingga tentunya akan lebih maksimal sesuai kegunaannya.

Timbangan Datar

Selain berat badan manusia, hewan juga biasanya diukur dengan timbangan namun berbeda jenis. Ya, timbangan datar sering ditemukan pada tempat penjualan dan pemeliharaan. Fungsi dari timbangan ini adalah untuk mengecek kondisi kesehatan hewan tersebut. Sekarang ini, banyak timbangan datar yang menggunakan sistem digital sehingga lebih modern dan praktis.

Baca lainnya  Tips Memilih Timbangan Kue yang Akurat!

Timbangan Meja

Bagi yang sering berkunjung ke pasar, pasti sering melihat timbangan ini. Ya, timbangan meja ini memiliki fungsi untuk mengukur berat buah dan sayur. Tak hanya di pasar, namun di toko bangunan pun memakai timbangan ini untuk mengukur berat paku dan baut.

Timbangan Duduk

Untuk bahan makanan lain yang sering ditimbang adalah tepung, gula, dan sejenisnya. Maka terbentuklah timbangan duduk yang sering ditemukan di toko roti atau toko makanan. Namun, ada juga yang menimbang beberapa buah yang berukuran kecil di timbangan ini. Fungsinya juga sama.

Timbangan Gantung

Jenis timbangan yang terakhir adalah timbangan gantung. Biasanya, timbangan ini dipakai untuk mengukur berat padi, beras, dan kebutuhan makanan pokok lainnya. Bisa juga digunakan untuk menimbang daging di pasar. Berbeda dari timbangan lainnya, perlu adanya penyeimbangan terlebih dahulu saat ingin menimbang suatu massa karena tidak ada tumpuan hanya digantung.

Baca lainnya  Tips Menyajikan Chocolate Fountain di Pesta Pernikahan
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan