Apa Sih Buah Carica Itu? Adakah Manfaatnya?

apa sih buah carica itu via tradewindsfruit ala tim duniamasak

Sahabat duma pernah dengar buah carica? Pasti beberapa dari sahabat duma sangat asing mendengar buah carica ini. Karena bentuknya mirip dengan buah papaya dan biasanya tumbuh di daerah ย pegunungan, maka buah ini disebut juga buah papaya pegunungan. Buah carica ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Wonosobo. Untuk sahabat duma yang penasaran, dan bertanya-tanya apa sih buah carica itu? yuk cari tahu asal muasal buah carica ini.

Buah Carica, Buah Langka dari Pegunungan

apa sih buah carica itu via thefruitforest ala tim duniamasak
Buah carica via thefruitforest

Sebetulnya buah carica dengan papaya masih dalam satu jenis buah yang sama, yang membedakannya adalah buah carica sering tumbuh di pegunungan sedangkan papaya dapat tumbuh di daratan biasa. Jika diluar negeri, buah carica terkenal di negara Meksiko Selatan lain halnya dengan di Indonesia. Buah carica sangat melekat dengan daerah Dieng, Wonosobo karena daerah tersebut memiliki suhu sekitar 15 hingga 20 derajat celcius pada siang hari dan 10 derajat celcius pada malam hari. Buah carica sangat subur tumbuh di daerah yang bersuhu dingin dan memiliki permukaan yang tinggi. Jika kalian masih penasaran apa sih buah carica itu, yuk lanjut simak informasinya!

Baca lainnya  Percaya Nggak Sih, dengan Makanan ini Kulit Bisa Putih Bersinar Lho!

Karakteristik Buah Carica

Buah carica memiliki tampilan sekilas mirip dengan bua pepaya, namun ukuran panjang rata-rata sekitar 6 sampai 10 centimeter. Jika buah carica sudah masak atau matang warnanya berubah dari hijau menjadi kuning dan jingga. Dagingnya agak keras dan biji-biji didalamnya memiliki warna putih dan agak berair. Soal rasa, buah ini memiliki rasa yang sedikit asam namun memiliki banyak manfaat dan vitamin. Buah ini juga memiliki aroma yang harum dan bisa membuat kita ingin segera melahapnya.

Manfaat dan Vitamin Buah Carica

Selain tampilannya yang unik buah carica memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah membantu mempelancar pencernaan karena mengandung serat yang tinggi. Tidak hanya itu, buah carica juga mampu menetralkan tingkat asam pada lambung dan juga dapat membunuh bakteri jahat yang ada pada usus.

Vitamin yang terkandung pada buah carica yaitu, Vitamin A, Vitamin B Complex, Vitamin C dan beberapa vitamin lainnya. Seperti yang sahabat duma ketahui bahwa beberapa vitamin tersbut juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Maka tidak ada salahnya jika kita mencobanya dan merasakan manfaatnya.

Baca lainnya  Mengulik 'Meals In Jar', Kamu Udah Coba Belum?

Buah Unik Khas Dieng, Wonosobo

Buah carica banyak ditemukan didaerah pegunungan Dieng, Wonosobo. Tak jarang buah tersebut diolah menjadi manisan sebagai oleh-oleh khas Wonosobo. Karena kepopulerannya di daerah tersebut, jika sahabat duma sedang berkunjung ke daerah Wonosobo pasti akan menemukan tugu yang berbentuk buah carica yang seolah-olah menyambut kedatangan para wisatawan.

Sekarang sudah tidak muncul lagi ya pertanyaan apa sih buah carica itu di benak sahabat duma? Karena sudah Duma jelaskan diatas :). Oih iya, siapa disini yang sudah pernah mencoba buah carica atau buah papaya pegunungan ini? Yuk sharing pengalaman kalian disini! Buat sahabat duma yang belum mencoba, gimana mulai penarasan kan? Ternyata banyak ya buah-buah unik yang belum pernah kita jumpai apalagi mencobanya. Dengan mengetahui kandungan dan manfaat yang ada didalamnya, Duma yakin pasti dari kalian ingin mencobanya segera ya? Apalagi buah ini bisa diolah sebagai manisan dan sebagai jus. ย 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!