Mengenal Lebkuchen, Kue Jahe Khas Jerman

Mengenal Lebkuchen, Kue Jahe Khas Jerman via bbc.co.uk ala tim duniamasak.com

Setiap negara memiliki cara berbeda dalam merayakan Natal, namun satu hal yang pasti selalu ada adalah beragam manisan untuk dinikmati. Salah satu manisan ini adalah kue jahe. Kue jahe merupakan jenis kue yang sering disantap pada perayaan Natal, terutama di Eropa dan Amerika. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, jahe, dan gula, dan sangat cocok disajikan saat Natal, yaitu saat musim dingin dimulai di Eropa dan beberapa negara di Amerika. Nah di Jerman terdapat kue jahe yang menjadi ciri khas dan biasa disebut dengan Lebkuchen. Kira-kira Lebkuchen itu apa yah? Mari mengenal lebkuchen bersama Duma!

Termasuk Kue Tertua di Jerman, Mengenal Lebkuchen!

Resep kue natal via freepik ala duniamasak
Kue natal via freepik

Kue jahe juga merupakan kue umum saat Natal, dan berasal dari Jerman. Sajian kue yang satu ini adalah tradisi natal di banyak negara, tetapi Jerman adalah yang pertama membuatnya untuk merayakan Natal. Tradisi menyajikan kue jahe saat Natal dimulai di Jerman bertahun-tahun yang lalu. Kue-kue ini juga disebut “Lebkuchen” dalam bahasa Jerman, yang berarti “roti kehidupan”. Beberapa orang beranggapan bahwa kata ini berasal dari kata “lebbe” yang berarti sangat manis dan “kuchen” yang berarti cake atau kue. Ada juga yang beranggapan bahwa Lebkuchen merupakan terjemahan dari kata Perancis “pain d’epices” yang berarti kue rempah.

Baca lainnya  SIAL Interfood 2019, Platform B2B Untuk Industri Makanan & Minuman

Lebkuchen adalah suguhan Natal tradisional yang berasal dari Franconia, Jerman. Sudah menjadi tradisi di Jerman untuk sajianLebkuchen pada perayaan Natal. Sekarang, Nurnberg adalah pusat pembuatan Lebkuchen terbesar di Eropa. Lebkuchen tidak terkenal di luar Franconia sampai tahun 1487, ketika Kaisar Frederick III memberikan 4.000 kue jahe kepada anak-anak Jerman.

Kue jahe naik popularitasnya dan menyebar ke seluruh benua pada abad ke-16 dengan popularitas dongeng anak-anak Hansel dan Gretel tentang sepasang saudara perempuan yang tersesat di hutan dan menemukan rumah kue jahe penyihir. Sejak saat itu, bentuk rumah kue jahe yang dihias dengan berbagai manisan menjadi favorit anak-anak dan disebut Lebkuchenhaeusle yang berarti rumah kue jahe.

Baca lainnya  Ternyata Inilah Makanan Indonesia Favorit Para Idol KPOP!

Orang Eropa kini lebih mengenal kue jahe atau gingerbread sebagai kue jahe hati karena kue jahe berbentuk seperti hati dan dihias dengan gula. Roti jahe bundar disebut Elisenlebkuchen, diambil dari nama Elisen, putri pembuat kue jahe tradisional Jerman. Dikarenakan sejarahnya yang kaya, kue jahe Jerman saat ini dianggap sebagai bagian dari budaya Jerman, dan kota Nuremberg adalah satu-satunya tempat kita dapat menemukan Lebkuchen Nuremberg tradisional.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *