Apa Sih Perbedaan Daun Suji dan Daun Pandan?

Perbedaan daun suji dan daun pandan via freepik ala tim duniamasak.com

Banyak dari kita mungkin berfikir bahwa daun suji adalah daun pandan. Padahal kedua daun tersebut adalah jenis tanaman yang berbeda. Sekilas memang tampilan keduanya sangatlah mirip, mulai dari warna bahkan bentuk. Apalagi manfaat keduanya yang sama-sama memberikan warna hijau pada makanan. Meski demikian, keduanya tentu memiliki perbedaan loh sahabat Duma! Yuk kita simak perbedaan daun suji dan daun pandan bersama tim Duniamasak.com!

Sekilas Mirip, Yuk Cari Tahu Perbedaan Daun Suji dan Daun Pandan!

Daun suji dan daun pandan via shopee ala tim duniamasak.com
Daun suji dan daun pandan via shopee

Memang tidak dapat dipungkiri bila makanan yang memiliki warna lebih menggiurkan. Apalagi penambahan bahan pewarna dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti kedua daun tersebut. Selain itu penggunaan pewarna alami sudah dijamin keamanannya bagi kesehatan. Seperti halnya kedua daun ini yang telah digunakan sejak dulu untuk pewarna makanan. Berikut ini adalah perbedaannya:

Baca lainnya  Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Warna

Walaupun sama-sama menghasilkan warna yang hijau rupanya kedua daun ini memiliki perbedaan. Perbedaan keduanya dapat kita bedakan secara langsung. Daun suji memiliki warna yang lebih pekat, sedangkan daun pandan memiliki warna hijau yang pucat. Tidak heran bila daun suji sering digunakan sebagai pewarna makanan jajanan pasar yang alami. Dikarenakan jajanan pasar biasanya memiiki tampilan warna yang terang.

Aroma

Soal aroma yang dihasilkan antara kedua daun ini juga sama-sama memiliki perbedaan. Aroma daun pandan lebih unggul karena memiliki wangi yang khas. Sedangkan daun suji tidak memiliki aroma dan juga tidak memiliki rasa. Makanan yang cocok untuk daun pandan adalah bubur sumsum, kue pandan, dan kolak. Untuk penggunaan daun suji sangan cocok untuk makanan putu ayu, klepon, cendol, dadar gulun dan jajanan pasar lainnya yang membutuhkan pewarnaan.

Baca lainnya  Sedotan Reusable Inilah yang Cocok Untukmu!

Manfaat

Kedua daun ini memang merupakan pewarna alami yang sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan. Secara khusus, daun suji sangat cocok untuk meredakan batuk dan juga meredakan sakit perut karena haid. Sedangkan untuk daun pandan sangat cocok untuk mengurangi gula darah, selain itu daun pandan juga sangat cocok untuk membuat kulit bercahaya bila kita menggunakan pasta daun pandan secara rutin.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!