Apasih Kelebihan dan Kekurangan Peralatan Dapur Enamel?

Enamel Kitchenware www.food52.com

Hai sahabat duma! Peralatan dapur dimulai dari berbagai jenis bahan seperti keramik, stainless steel, enamel, dan lain-lain. Nah, peralatan dapur enamel sangat diminati akhir-akhir ini lho! Terutama karena bahan enamel ini banyak manfaat dalam penggunaannya.

Enamel merupakan salah satu fitur terbaru dalam peralatan rumah tangga khususnya penggorengan yang memiliki banyak sekali manfaat. Nah, dibawah ini kamu bisa menemukan kelebihan dan kekurangan peralatan rumah tangga berbahan dasar enamel.

Peralatan Dapur Enamel via Prayogavlog.blogspot.co.id

Peralatan Dapur Enamel via Prayogavlog.blogspot.co.id

Peralatan Dapur Enamel

Bunda, perlu kamu ketahui bahwa enamel atau disebut juga percelain enamel merupakan lapisan porcelain yang ditempelkan pada logam atau besi yang fungsinya memproteksi permukaan barang dari kerusakan, memperbaiki kualitas barang dan sekaligus mempercantik lho! Enamel ini sering diaplikasikan pada perabotan-perabotan dapur generasi terbaru meskipun faktanya penggunaan enamel sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Peralatan rumah tangga berbahan dasar enamel merepsentasikan perabotan modern, efektif dan efisien.

Enamel ini kebanyakan akan kamu temukan pada peralatan dapur seperti saucepan, fry pan, roaster, grill pan dan lain-lain. Kamu tau gak sih? Dibanding cast iron atau stainless steel, peralatan rumah tangga berbahan dasar enamel lebih memiliki banyak keuntungan lho! Penggorengan dengan bahan dasar enamel mampu memasak berbagai jenis makanan seperti sup, makanan tanpa minyak, tumis sayuran, tumis daging, semur dan lain-lain.

Selain perabotan dapur, enamel juga diaplikasikan dalam perabotan-perabotan lainnya dalam rumah seperti kamar mandi. Beberapa peralatan di area kamar mandi yang menggunakan material enamel adalah wastafel, bak mandi, dinding dan lain-lain. Enamel memiliki daya tahan yang sangat kuat sehingga cocok untuk penggunaan peralatan rumah tangga. Selain fungsinya, peralatan rumah tangga berbahan dasar enamel juga memiliki karakteristik tersendiri, sehingga terlihat unik dan cantik. Peralatan dapur dengan bahan enamel ini, selain mempermudah proses memasakmu, juga memiliki desian yang unik dan cantik.

Enamel Untuk Kamar Mandi via www.jdbathrestore.co.uk

Enamel Untuk Kamar Mandi via www.jdbathrestore.co.uk

Kelebihan Peralatan Dapur Enamel

Enamel merupakan material paling mutakhir dari berbagai peralatan rumah tangga. Terutama untuk penggorengan, enamel membuat permukaan penggorengan menjadi lebih kuat, anti lengket dan juga terlihat lebih cantik. Jika kamu masih ragu untuk memilih peralatan rumah tangga berbahan dasar enamel ini, berikut kami berikan beberapa kelebihan peralatan rumah tangga berbahan dasar enamel:

  • Perlu kamu ketahui bahwa perabotan rumah tangga berbahan dasar enamel lebih tahan lama dan lebih kuat. Sehingga kamu tak perlu sering-sering membeli penggorengan baru tentunya.
  • Selain itu perabotan berbahan dasar enamel juga sangat mudah dibersihkan. Sesaat setelah kamu memasak semur, sop ataupun gorengan, kamu hanya perlu mengelapnya dengan spon ataupun busa, praktis dan simpel kan!
  • Anti gores.
  • Peralatan berbahan dasar enamel juga bisa dianggap sebagai barang mewah karena presentasinya yang elegan. Selain itu karena tahan lama dan juga terlihat mewah, peralatan berbahan dasar enamel bisa menjadi alat masak warisan lho!
  • Peralatan berbahan dasar enamel juga nontoxic alias tidak beracun sama sekali sehingga sangat aman untuk berbagai keperluan didalam rumah.
Baca lainnya  Membuat Sirup Sendiri untuk Persiapan Bulan Ramadhan "Gampang Banget Nih"

Kekurangan Peralatan Dapur Enamel

Nah setelah kamu mengetahui tentang kelebihan peralatan berbahan dasar enamel, sekarang waktunya membahas kekurangannya. Peralatan berbahan dasar enamel sejatinya bukan merupakan peralatan yang sempurna, sehingga kamu masih akan menemukan kekurangan-kekuraangannya.

  • Biasanya perabotan berbahan dasar enamel lebih berat daripada perabotan lainnya yang sejenis.
  • Untuk wajan berbahan dasar enamel memiliki karakteristik konduktivitas termal yang rendah, jadi kamu akan menemukan perbedaan mendasar saat memakai wajan enamel dengan wajan non-enamel. Wajan enamel agak lama untuk panas seutuhnya, namun wajan enamel memiliki panas yang lebih merata.
  • Meskipun kuat, peralatan berbahan dasar enamel juga bisa terkelupas terutama karena gesekan dengan peralatan berbahan logam.
Baca lainnya  Fakta Dibalik Keju Gouda yang Lezat

Setelah mengetahui beberapa kekurangan dari alat dapur berbahan enamel ini, kamu nggak perlu khawatir.  DuniaMasak akan memberikan tips cara merawat peralatan dapur enamel.

Musuh utama peralatan dapur enamel adalah karat. Karat ini muncul jika lapisan enamel terkelupas akibat tergores atau jatuh. Maka cara mudah untuk merawatnya adalah mengusahakan jangan sampai terbentur atau jatuh. Setelah dicuci dengan air sabun hangat, segeralah tiriskan dan lap hingga benar-benar kering. Sebab, air yang tersisa di sela-sela peralatan mudah menimbulkan karat. Jangan lupa, untuk menyimpannya di tempat yang kering ya!

Jangan lupa share artikel ini ya sahabat Duma!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

One thought on “Apasih Kelebihan dan Kekurangan Peralatan Dapur Enamel?”

  1. Riana says:

    Bagussssss…sy jd tambah ilmu

Yuk bahas artikel ini!