Bagaimana Cara Menghadapi Era New Normal?

The new normal via freepik ala duniamasak

Sekitar pertengahan bulan lalu, istilah new normal sangat banyak ditemukan di berbagai berita dalam platform media di Indonesia. Pengertian new normal bisa diartikan sebagai cara hidup yang baru di tengah pandemi Covid-19 dan berdamai dengan keadaan ini. Bagaimana kita harus menghadapi cara hidup baru atau new normal agar bisa dijalani secara maksimal dan tentunya tetap dapat menjaga kesehatan tubuh?

New Normal

Kita percaya bahwa dalam setiap musim kehidupan manusia, pasti ada fase dimana akan melakukan adaptasi atau penyesuaian terhadap suatu situasi dan kondisi. Begitu juga dengan saat pandemi ini, manusia seakan โ€˜dipaksaโ€™ oleh keadaan untuk menyesuaikan diri dengan sesuatu hal yang baru. Setelah beberapa bulan melakukan gerakan #dirumahaja untuk memutus rantai Covid-19, namun ternyata belum cukup ampuh. Dengan semakin banyak kebutuhan manusia yang belum terpenuhi akibat terlalu lama diam di rumah, muncullah gagasan untuk berdamai dengan situasi seperti ini. Hal ini bisa disebut era new normal. Memang pasti awalnya akan timbul pro dan kontra, namun di balik semuanya itu kita perlu mencoba dan mulai menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.

New Habit

Bisa dibilang, beberapa bulan menjalani gerakan #dirumahaja banyak memunculkan ide-ide dan kreativitas baru di berbagai bidang dalam kehidupan manusia. Mulai dari kegiatan belajar dan mengajar, hal ini bisa dilakukan dari rumah dengan modul yang diberikan oleh salah satu stasiun tv nasional. Ada juga yang memakai materi tuntunan sekolah masing-masing dan mempresentasikannya melalui platform meeting online. Pekerjaan siswa maupun mahasiswa pun bisa dibantu oleh guru dan orang tua. Namun, ada beberapa wilayah yang masih terhambat dalam kebiasaan baru ini karena tidak ada jangkauan internet. Untuk para pekerja, diberlakukan sistem work from home atau bekerja dari rumah. Hal ini diterapkan oleh beberapa perusahaan, bisa secara full atau shifting dengan work from officeย namun jam kerja tetap disesuaikan dengan kebijakan masing-masing.

Baca lainnya  Cari Tempat Takjil Paling Legendaris di Jakarta Yuk!

Selain itu, oleh karena banyak tempat hiburan, restoran, bahkan mall yang ditutup akibat pademi Covid-19; maka masyarakat pun mulai bertahan hidup dari rumah dengan berbagai macam usaha. Mulai dari kegiatan hiburan, beberapa musisi dan insan perfilman mengadakan kegiatan seni secara online dengan bantuan platform social media yang ada. Yang paling unik dan penting dalam kehidupan pun ikut terkena dampaknya yaitu untuk perihal makan dan minum. Banyak orang yang sudah memulai bisnisnya untuk berjualan dari rumah. Sedangkan untuk restoran yang membuka usahanya di mall, mulai menerapkan kebiasaan baru. Misalnya, dengan berjualan secara online dan meningkatkan kualitas pesan antar ke rumah agar menghindari kerumunan. Muncul juga tren baru dengan beraneka ragam frozen food dan healthy food yang semakin berkembang.

Baca lainnya  Sarapan Sehat Overnight Oats: Praktis dan Mengenyangkan

Gaya Hidup Sehat

New normal cuci tangan via instagram.com/duniamasakid
Cara mencuci tangan via instagram.com/duniamasakid

Dengan kebiasaan baru yang sudah kita jalani hampir 3 bulan ini, maka banyak hikmah yang bisa didapat terutama dalam menjaga kesehatan. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman dari rumah bahkan membuatnya sendiri bersama keluarga, maka akan meningkatkan kepekaan terhadap kebersihan bahan bakunya. Selain itu, dengan banyaknya waktu luang yang dihabiskan di rumah, maka akan meningkatkan keefektifan untuk menjalani olahraga rutin sehingga meningkatkan daya tahan tubuh dengan gaya hidup sehat. Pastikan kesehatan fisik selalu terjaga dengan berjemur sinar matahari pagi selama beberapa menit dan mengonsumsi vitamin jika perlu. Dengan diberlakukannya new normal yang akan diadakan sebentar lagi, tak lupa jika diluar rumah untuk tetap melakukan protokol hidup sehat yaitu rajin mencuci tangan, menggunakan masker jika berada di luar rumah, dan menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

Beberapa daerah telah membuat aturan terkait penerapan new normal ini sambil tetap melakukan upaya pencegahan Covid-19. Masyarakat Indonesia diharapkan dapat mengikuti aturan tersebut dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dan jangan lupa berdoa untuk kesehatan kita semua.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!