Bagaimana Sih Cara Merawat Kompor Listrik Yang Benar?

Merawat Kompor Listrik via DuniaMasak.com
Sahabat duma, salah satu perabot modern yang akan menambah keindahan dapurmu adalah kompor listrik. Kompor listrik inipun telah banyak di jual di pasaran, dan juga sangat dipermudah dengan toko online. Nah, membersihkan dan merawat kompor listrik juga harus kamu perhatikan ya! Perawatannya sangat mudah nih, simak penjelasan DuniaMasak berikut ya!
Kompor Listrik Modena via DuniaMasak.com

Kompor Listrik Modena via DuniaMasak.com

Mencegah Makanan Tumpah pada Kompor Listrik

Saat memasak, tumpahan makanan memang tidak bisa kita hindari. Tumpahan makanan pada kompor listrik tidak hanya membuat kompor listrik jadi kusam, tetapi juga berisiko merusak kompor listrik lho! Oleh sebab itu, kita harus segera membersihkan permukaan kompor listrik yang terkena tumpahan makanan. Jangan sampai tumpahan makanan menimbulkan noda membandel pada kompor listrik ya!

Membersihkan Permukaan Kompor Listrik Secara Teratur

Kompor listrik terdiri dari material berupa kaca atau keramik. Jadi, proses membersihkan kompor listrik juga harus menggunakan bahan khusus kaca atau keramik. Semprotkan sedikit bahan pembersih pada permukaan kompor yang sedang tidak terhubung dengan listrik. Kemudian segera bersihkan bahan pembersih tersebut dengan kain micro fiber hingga permukaan kompor kembali kering.

Jika Noda Bandel Terlanjur Melekat pada Kompor

Noda bandel yang berkerak dan melekat kuat pada permukaan kompor listrik harus segera dibersihkan. Kamu harus memastikan terlebih dulu bahwa kompor dalam keadaan terputus dari aliran listrik. Kemudian gunakan scraper untuk mengorek noda secara hati-hati. Lakukan hal ini secara perlahan-lahan agar tidak menimbulkan goresan pada permukaan kompor. Setelah noda terangkat, kita tinggal membersihkan sisa-sisa nodanya dengan cairan pembersih kaca atau cairan pembersih keramik. Bersihkan dengan mengoleskan beberapa tetes pembersih khusus keramik. Gunakan kain untuk mengolesnya dan usapkan berkali-kali sampai bersih.

Cara Merawat Kompor Listrik

Kamu harus memerhatikan beberapa faktor pendukung selain membersihkan kompor listrik. Agar kompor listrikmu awet dan tahan lama ikuti beberapa tips berikut:

  1. Nyalakan sesuai petunjuk. Berbagai jenis kompor dengan desain yang beragam membuat kita harus benar-benar memerhatikan tata cara menyalakan kompor listrik. Ada yang dinyalakan dengan menekan tombol, ada juga yang caranya diputar.
  2. Letakkan peralatan masak di cooktop atau lempengan kompor.
  3. Proses memasak menggunakan kompor ini bisa sangat cepat. Maka dari itu kamu harus mengetahui ukuran waktu lamanya memasak dengan benar. Setelah mengetahui hal tersebut dapat membuatmu lebih siap mengangkat makanan dan mencegah gosong. Sebelumnya coba memasak dengan beragam macam cara, mulai dari menggoreng, menumis dan mengukus.
Baca lainnya  Kesehatan Kulit Hanya dengan Modal Jus: Berikut Rahasianya!

Setelah mengetahui tata cara merawat dan menggunakan kompor listrik di atas, kamu nggak perlu khawatir lagi kompor listrikmu rusak ya! Selamat mencoba!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

One thought on “Bagaimana Sih Cara Merawat Kompor Listrik Yang Benar?”

  1. Sanken Official says:

    Terimakasih infonya, sangat bermanfaat:) check this out

Yuk bahas artikel ini!