[TOP 3] Bumbu Dasar Masakan Korea yang Menjadi Favorit

Bumbu dasar masakan korea via freepik ala duniamasak

Setelah ‘demam KPOP’ melanda negara Indonesia dan dilanjutkan dengan ‘deman K-drama’ ini sungguh mempunyai efek yang positif. Banyak kebudayaan Korea yang dapat dipelajari dan juga hidangan Korea yang bisa dicicipi dengan rasa yang nikmat. Beberapa restoran di Indonesia sudah banyak yang mengambil konsep dengan budaya Korea serta hidangannya yang beraneka ragam. Mulai dari korbeq (korean bbq) hingga ramyeon dan samyang yang hampir digemari semua kalangan. Alasannya karena lidah orang Indonesia sudah cocok dengan masakan Korea yang dominan mempunyai rasa yang pedas. Kira-kira bumbu dasar apa saja yang digunakan dalam makanan Korea hingga menjadi favorit banyak orang?

Inilah Bumbu Dasar Masakan Korea yang Nikmat

Yangnyeom Chicken dok. duniamasak
Masakan dengan bumbu dasar Korea dok. duniamasak.com

Pasta Cabai (Gochujang)

Bagi yang suka dengan hidangan tteokbokki pasti sudah tidak asing dengan pasta cabai ini. Ya, gochujang adalah pasta yang terbuat dari bubuk cabai yang dicampur dengan tepung beras ketan, bubuk kedelai fermentasi, bubuk malt, garam, dan air hingga berbentuk pasta. Rasanya yang pedas namun berpadu dengan rasa manis, tentu menjadikan bumbu dasar ini menjadi favorit dalam pembuatan berbagai macam hidangan Korea seperti tteokbokki, kimchi, tteokbokki, bibimbap, dakgalbi, dan masih banyak lagi.

Baca lainnya  7 Wisata Kebun Kopi yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan!

Pasta Kedelai Hitam (Chunjang)

Berbeda jauh dengan gochujang, pasta ini justru memiliki rasa yang manis. Ya, pasta kedelai hitam atau dalam bahasa Korea disebut chunjang adalah bumbu yang terbuat dari kacang kedelai hitam, tepung, dan karamel yang telah difermentasi. Rasanya yang asin berpadu dengan rasa manis ini terkadang menciptakan juga rasa pahit, sangat unik. Pasta chunjang perlu diolah dengan benar agar dapat menghasilkan rasa yang lezat dalam setiap masakan seperti untuk hidangan jjangmyeon atau mie kacang hitam yang juga populer di Korea.

Biji Wijen (Chamkkae)

Dalam berbagai masakan Korea, terdapat satu bahan pelengkap yang sering dipakai yaitu biji wijen. Chamkkae yang sudah disangrai sering digunakan sebagai bahan taburan pelengkap untuk hidangan tteokbokki, bibimbap, kimchi, ramyeon, bulgogi, dan sebagainya.

Baca lainnya  Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!