Tahukah Kamu, Ternyata Buah Jamblang Tinggi Manfaat?

Manfaat Buah jamblang ala DuniaMasak via jamuin.com

Hai sahabat duma, kamu pernah mendengar ataupun mencicipi buah jamblang? Nah, buah langka yang satu ini sangat memiliki bentuk yang unik. Selain unik dan asli buah lokal Indonesia, buah jamblang ini kaya manfaat lho! Apa aja sih manfaatnya? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan

Buah jamblang via solusisehatku.com

Buah jamblang via solusisehatku.com

1. Baik untuk Penderita Diabetes

Buah jamblang sering digunakan sebagai buah untuk diabetes oleh beberapa praktisi tradisional. Bahkan buah ini juga sering dijadikan sebagai bahan obat diabetes. Secara ilmiah, buah ini memiliki indeks glisemik rendah, yang menjadikannya sebagai pilihan yang baik untuk para penderita diabetes. Sebuah studi yang diterbitkan dalam literatur Complement Ther Med tentang efek anti diabetes yang terdapat pada buah jomblang ini, menunjukkan bahwa buah jamblang memiliki potensi yang signifikan untuk dijadikan sebagai alternatif pengobatan diabetes yang lebih aman.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Kekuatan Tulang

Buah jamblang atau buah duwet ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sehat seperti kalsium, zat besi, potassium atau kalium, dan vitamin C yang membuatnya menjadi buah-buahan yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang.

Baca lainnya  Tips Membuat Jus untuk Bayi 7 Bulan dengan Rasa Nikmat & Lezat

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah jamblang sarat dengan nutrisi seperti asam ellagic/ellagitannin, anthocyanin, dan anthocyanidins yang dapat memberikan efek anti inflamasi. Senyawa tersebut juga merupakan antioksidan yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan pembentukan plak yang berkontribusi terhadap penyakit jantung.

4. Mengobati Infeksi

Secara tradisional, berbagai bagian dari pohon jamblang seperti daun, kulit kayu, dan biji-bijiannya telah lama digunakan untuk mengobati infeksi. Tanaman ini menyimpan senyawa seperti asam malat, asam galat, asam oksalat, dan tanin yang memberikan efek pada tanaman serta buahnya sebagai antimalaria, antibakteri, dan sifat gastroprotektif.

5. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa jamblang memiliki aktivitas anti tumor yang dapat menghambat pertumbuhan tumor. Efek ini dipercaya karena adanya kemampuan pada jamblang untuk melawan sel penyebab kanker yang berbahaya. Ekstrak jamblang juga dapat mencegah penyebaran kanker ke organ lainnya, karena kandungan antioksidan dan antiinflamasinya yang cukup tinggi.

Baca lainnya  Keshia Deisra "Berbisnis Demi Memberikan Solusi"

6. Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Sari buah dari buah jamblang merupakan zat alami yang dapat digunakan sebagai obat kumur karena dapat menghilangkan bau mulut. Selain itu, bagian dari daging buah jamblang juga dapat digunakan sebagai pengobatan gusi berdarah.

7. Menjaga Kesehatan Hati Secara Alami

Jamblang diketahui dapat mencegah terjadinya kerusakan pada organ hati. Banyak herbalis yang menggunakan ekstrak buah jamblang yang dicampur dengan ramuan herbal lainnya karena memiliki antioksidan dan flavonoid yang berperan besar dalam pemurnian darah.

8. Membantu Menyembuhkan dan Mencegah Jerawat

Bagian biji jamblang dapat digunakan sebagai perawatan alami untuk mengatasi jerawat. Yang perlu kamu lakukan adalah hancurkan biji jamblang dan campurkan dengan susu sapi ke dalamnya. Oleskan ramuan tersebut sebelum tidur dan bilas di pagi harinya. Penggunaan yang teratur dari ramuan ini dipercaya sangat membantu dalam menyembuhkan dan mencegah jerawat.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!