Begini Cara Mencuci Beras Agar Vitaminnya Tidak Hilang

Mencuci Beras via www.thegreenhead.com

Beras merupakan makanan pokok sebagian besar warga Indonesia. Tak jarang, banyak banget jenis beras yang tumbuh di tanah Indonesia. Nah, sebelum mengonsumsinya, kamu harus memerhatikan dimulai dari cara mencuci beras agar vitaminnya nggak hilang ya! Menjawab pertanyaanmu seputar cara mencuci beras yang benar, nih tim duma berikan penjelasannya.

Cara Mencuci Beras Sehat Agar Vitamin Nggak Berkurang

Mungkin sebelumnya kamu berpikir mencuci beras adalah hal yang mudah ya! Ternyata ada cara mencuci beras yang lebih sehat lho! Kamu bisa memilih mencuci beras sehat dengan tidak lebih dari dua kali pencucian, namun nasi akan cepat basi, atau mencuci beras benar-benar bersih lebih dari dua kali cuci namun beras akan tahan lama. Nih penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Baca lainnya  7 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Sehari-hari

Sedangkan, orang Indonesia terbiasa memasak beras sekali saja dalam sehari. Kebiasaan orang Indonesia memasak beras dalam jumlah yang banyak di pagi hari sekaligus untuk persiapan makan malam. Malah tak jarang sering juga masih disimpan untuk keesokan harinya untuk diolah menjadi nasi goreng. Kalau sudah begini, tentu beras harus dicuci sampai bersih betul sehingga bisa lebih tahan lama.Tapi, bagaimana dengan kandungan gizi di dalamnya? Sudah tentu ada yang hilang.

Cara Mencuci Beras via pixabay

Mencuci Beras via pixabay

Beras Tidak Dicuci Lebih dari Dua Kali

Sahabat duma, untuk menjaga gizinya agar tidak berkurang, beras sebaiknya tidak dicuci lebih dari dua kali ya! Selama dicuci, beras juga tidak boleh diaduk terlalu sering, apalagi sampai diremas hingga hancur. Kalau sudah hancur, beras sudah pasti kehilangan banyak gizinya.

Baca lainnya  Menu European Hingga Hiburan Lengkap Nikmati Hanya di J. Sparrow's Bar & Grill

Selain itu, beras juga tidak boleh dicuci sampai air cuciannya terlalu bening. Hal ini akan menyebabkan gizi yang terdapat di dalam beras hilang terbuang bersama air cucian. Jika kamu mencuci hanya dua kali, air cuciannya tentu masih agak buram.

Sesuai Pilihan

Jadi, sebenarnya kembali lagi tergantung pilihanmu. Kamu ingin nasi yang tahan lama atau nasi yang sehat dan bergizi? Sebaiknya kamu sering-sering memasak nasi jika tetap ingin mengonsumsi nasi yang sehat ya! Ada baiknya memasak nasi yang hanya dicuci maksimal 2 kali agar gizi yang terdapat di dalam beras tidak berkurang ya!

Belanja Tempat Nasi Stainless Bima via DuniaMasak.com

Belanja Tempat Nasi Stainless Bima via DuniaMasak.com

Bagaimana sahabat duma? Semoga informasi tim duma di atas bermanfaat ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!