Nikmati Kelezatan Makanan Khas Riau! Ada Kue Asidah!

Makanan khas Riau ikan baung asam pedas via okezone ala tim duniamasak.com

Riau adalah daerah yang terletak di pulau Sumatera dan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik. Pasalnya tidak hanya objek wisatanya yang menarik, namun juga kulinernya yang wajib sahabat Duma nikmati bila sedang traveling ke Riau. Berbagai macam rasa mulai dari pedas, manis dan asam bisa sahabat Duma cicipi pada makanan khas Riau. Mulai penasaran? Yuk kita lihat apa saja!

Makanan Khas Riau Kaya Akan Rasa

Makanan khas Riau kue asidah via bobo.grid.id ala tim duniamasak.com
Kue asidah via bobo.grid.id

Setiap daerah di Riau memiliki kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya kuliner tersebut sangatlah lezat apalagi kaya akan rasa. Sahabat Dumadapat mencicipi makanan yang pedas, manis maupun asam. Untuk menghilangkan rasa penasaran, berikut ini adalah makanan khas Riau:

Kue asidah

Makanan khas Riau yang pertama adalah kue asidah. Kue asidah termasuk langka dan jarang ditemui. Kue asidah asalnya dari kudapan Arab yang menyesuaikan dengan citarasa Melayu. Tekstur dari kue asidah lembut dengan rasa manis dan gurih. Bentuknya menarik karena disajikan dengan bentuk bulat, ada juga bentuk bunga mawar hingga bentuk daun.

Baca lainnya  Tips Dekorasi Dinner di Hari Valentine

Ikan baung asam pedas

Masakan berbahan dasar ikan ini sangat terkenal di Riau. Asam pedas ikan baung ini merupakan sajian tradisional yang kaya akan rempah-rempah. Rasa asam berasal dari asam kandis atau air asam Jawa yang direndam bersama bumbu dan ikan.

Sup tunjang

Bila sahabat Duma datang ke Riau jangan lupa untuk mencicipi sup tunjang. Sajian sup disana menggunakan kaldu tunjang atau tulang kaki sapi. Citarasa yang dihasilkan dari kaldu tersebut sangatlah gurih dan juga gurih. Pada tulang kaki tersebut biasanya masih terdapat daging yang sengaja menempel kemudian direndam bersama dengan rempah-rempah sehingga teksturnya empuk saat dimakan.

Cincalok

Olahan cincalok adalah udang kecil yang telah difermentasi. Rasanya sangatlah nikmat apalagi jika disajikan bersama dengan nasi putih yang hangat. Sajian ini juga sering dijadikan pelengkap sambal.

Baca lainnya  Tips Menghangatkan Makanan Sisa Pesta

Mie sagu

Mie sagu merupakan salah satu olahan yang cukup unik, biasanya kita sering menemukan mie yang terbuat dari tepung terigu. Lain halnya dengan mie sagu ini yang berasal dari tepung sagu. Mie sagu ini sangatlah enak apalagi diolah dengan tauge rebus dan juga daun kucai.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!