Tips Kelola Keuangan Untuk Mudik Lebaran

Mudik adalah sesuatu yang sangat dinantikan oleh banyak orang, terutama bagi sahabat Duma yang tinggal di ibu kota maupun luar negeri dan jarang mengunjungi rumah. Bertemu kembali dengan orang tua dan keluarga adalah perasaan yang sangat dinantikan. Menyambut Lebaran, berikut tips kelola keuangan untuk mudik lebaran ala tim Duniamasak.

Kelola Keuangan Untuk Mudik Lebaran

Kelola keuangan via freepik/freepik Tips Kelola Keuangan Untuk Mudik Lebaran
Kelola keuangan via freepik/freepik

Untuk menyambangi tempat kelahiran, uang THR dan tabungan dikumpulkan digunakan disana. Namun, penting untuk berhati-hati dan merencanakan dengan baik agar tidak tanpa sengaja menghabiskan semuanya. Simak ulasan dari tim Duma ini yuk agar tahu tips kelola keuangan untuk mudik lebaran.

Membuat anggaran

Buat anggaran menyeluruh untuk perjalanan pulang sahabat Duma, memasukkan biaya transportasi, makan, dan biaya lainnya. Pertimbangkan pengeluaran tambahan selama berada di tanah kelahiran, seperti mengunjungi kerabat atau membeli oleh-oleh. Pastikan anggaran masuk akal dan sesuai dengan keuangan yang dimiliki.

Gunakan aplikasi keuangan

Ada banyak aplikasi keuangan yang dapat membantu sahabat Duma mengatur uang mudik. Pilih aplikasi yang mudah dipahami oleh kita dan memungkinkan kita melacak pengeluaran secara real-time dan detail, memastikan mengelola uang dengan baik dan menghindari pengeluaran berlebihan. Sahaba Duma dapat memilih aplikasi yang gratis dan tersedia juga di Play Store maupun App Store, saran Duma pilih yang mudah dimengerti yah agar tidak salah ketika menggunakannya.

Baca lainnya  Tingkatkan Nafsu Makan Anak Dengan Rempah-rempah

Bandingkan harga transportasi

Sebelum menggunakan transportasi umum, penting untuk membandingkan harga tiket dan akomodasi di berbagai platform dan memanfaatkan diskon dan promosi. Apalagi menjelang Lebaran tentunya harga transportasi melambung tinggi ya.

Siapkan dana darurat

Pastikan memiliki cukup uang untuk keadaan darurat sebelum berangkat untuk menghindari masalah keuangan saat pulang. Penting untuk menyiapkan dana darurat ini karena kita tidak pernah tahu pengeluaran mendadak yang diluar dari rencana kita.

Nah sahabat Duma wajib merencanakan anggaran dan juga memilah milih akomodasi yang baik. Tentunya apa yang disebutkan diatas sangat berguna untuk sahabat Duma bila mudik Lebaran nanti. Yuk kita siapkan keuangan yang matang agar tidak kelimpungan jika sudah kembali merantau! Selamat liburan!

Baca lainnya  Thai Tea Buatan Sendiri: Kamu Nggak Akan Boros Lagi!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com