Cara Merawat Wajan Cast Iron ala Duniamasak

Wajan cast iron via freepik ala tm duniamasak.com

Tidak bisa dipungkiri bila wajan yang memiliki bahan dasar cast iron memang sedang digandrungi banyak orang. Terutama para ibu yang sangat tertarik akan penggunaan wajan cast iron. Perpaduan beberapa logam pada wajan ini, membuatnya memiliki perawatan yang berbeda dengan wajan lainnya. Untuk menghilangkan rasa penasaran, yuk intip cara merawat wajan cast iron ala Duma!

Kenali Wajan Cast Iron

Wajan cast iron via freepik ala tm duniamasak.com
Wajan via freepik

Cast iron sendiri adalah bahan yang berasal dari beberapa logam salah satunya besi yang dipanaskan. Besi tersebut kemudian dibentuk ke berbagai macam cetakan, termasuk menjadi wajan cast iron. Cast iron juga biasanya disebut sebagai besi cor. Keunggulan dari produk berbahan jenis ini adalah merupakan konduktor panas yang baik dan juga dapat menjaga ketahanan suhu. Bahannya yang terbuat dari besi ini tentunya memerlukan perawatan yang berbeda, karena bila salah dapat membuat wajan ini berkarat. Cobalah rawat wajanmu dengan cara ini!

Baca lainnya  Kulit Putih Bersinar dengan 7 Makanan ini

Wajan baru? Cuci dengan sabun piring dan air panas

Ketika pertama kali membeli wajan cast iron sebaiknya segera dicuci dengan air panas dan gunakan sabun cuci piring. Setelah itu jangan langsung dilap, melainkan keringkan menggunakan api kecil diatas kompor. Tambahkan sedikit minyak dan ratakan ke seluruh permukaan wajan dengan tisu. Panaskan kurang lebih sekitar 30 menit, setelah itu letakkan wajan di ruangan yang tidak lembab agar wajan tidak berkarat. Dengan melakukan hal diatas, maka kita akan membuat lapisan anti lengket pada cast iron.

Segera bersihkan setelah digunakan

Hindari menumpuk makanan pada wajan, hal itu akan membuat wajan sulit dibersihkan. Apalagi bila memasaknya menggunakan saus tomat. Sebetulnya tidak dilarang, hanya saja saus tomat yang asam akan menimbulkan rasa logam pada wajan menjadi kuat dan tercampur ke makanan yang diolah.

Selalu gunakan minyak atau seaoning

Untuk menjaga tingkat lapisan anti lengket, dianjurkan untuk mengoleskan minyak ataupun seasoning ke pada wajan sebelum digunakan. Oia kebanyakan memang orang-orang menggunakan wajan jenis ini untuk mengolah steak.

Baca lainnya  Perbedaan Gula Palem, Gula Jawa dan Gula Aren, Cari Tahu Disini!

Hindari menggosok wajan cast iron

Bila wajan tidak terlalu kotor sebaiknya hindari menggosok menggunakan sabun dan air biasa. Sahabat Duma dapat menggunakan tisu dapur untuk mengelapnya. Atau sahabat Duma dapat mencucinya dengan menggunakan air panas dan juga sabun. Setelah itu keringkan dengan menggunakan api kecil diatas kompor. Seperti langkah sebelumnya. Atau sahabat Duma juga dapat menuangkan air panas langsung diatas wajan yang habis digunakan untuk memasak. Tunggu hingga air menjadi hangat kemudian segera bersihkan wajan.

Jangan meninggalkan wajan di dalam bak cuci piring terlalu lama, apalagi bila sudah tercampur dengan air dingin. Hal tersebut akan membuat wajan tidak tahan lama dan mudah retak.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!