Cari Tahu Kesalahan dalam Memasak Sayur Di Sini!

Kesalahan dalam Memasak Sayur via freepik ala tim duniamasak.com

Agar tubuh dapat terpenuhi gizinya, mengonsumsi sayuran adalah salah satu pilihan terbaik. Apalagi jika kita memutuskan untuk mengolah sayuran di rumah sendiri. Tidak hanya hemat, kita juga dapat mengatur tingkat rasa dan jumlah dari sayuran yang kita masak. Akan tetapi masih banyak kesalahan dalam memasak sayur yang malah membuat manfaat dari sayur tersebut berkurang. Apa saja kira-kira? Yuk cari tahu di sini!

Kesalahan dalam Memasak Sayur

Kesalahan dalam Memasak Sayur  via pixabay.com ala tim duniamasak.com
Sayuran via pixabay.com

Hidup yang sehat memang membuat sayur menjadi pilihan untuk kita konsumsi. Namun bila kita mengolah sayur dengan cara yang kurang tepat justru akan membuat kandungan dalam sayuran justru berkurang dan malah tidak menyehatkan. Nah, untuk menghindari kesalahan dalam memasak sayur sebaiknya hindari hal-hal berikut ini:

Tumisan dengan minyak terlalu banyak

Menumis sayur dengan minyak bukannya tidak diperbolehkan melainkan kita hanya membutuhkan sedikit minyak. Hal itu pun tidak mengurangi rasa dari sayur tersebut justru akan lebih menyehatkan. Meskipun ada banyak pilihan minyak tetap harus mengurangi pemakaian minyak berlebih.

Baca lainnya  Ide Bisnis Kuliner yang bisa menjadi Referensimu | Ala Tim Duniamasak

Memasak terlalu lama

Tidak semua sayuran mentah terasa nikmat bila tidak diolah, maka dari itu ada juga yang merebus ataupun mengukus untuk menikmatinya. Namun merebus atau mengukus terlalu lama akan mengurangi nutrisi dalam sayuran tersebut sekitar 15 hingga 55% yang mana kurang menyehatkan.

Menggunakan minyak kelapa

Penggunaan minyak kelapa memang baik untuk makanan seperti saus. Namun, minyak kelapa dapat menambah lemak jenuh bila kita gunakan untuk memasak sayuran. Untuk menghindari terjadinya masalah tersebut sebaiknya kita tidak menggunakan minyak kelapa.

Mengolah sayuran telah dipotong

Untuk menghemat waktu umumnya kita sering memotong sayuran yang nantinya akan kita masak pada hari berikutnya. Ternyata kebiasaan tersebut tidak baik loh sahabat Duma! Pasalnya potongan sayuran tersebut akan berkurang nutrisinya. Jika sudah terlanjur, maka Duma sarankan untuk mencampur dengan sayuran segar yang baru dengan potongan sayur yang lebih dulu untuk mencukupi kebutuhan yang telah berkurang.

Baca lainnya  Hai Bunda, Ini Lho 7 Peralatan Dapur Modern yang Memudahkan Kegiatan Memasak Bunda!

Memanggang langsung di bara api

Umumnya sayuran sering menjadi kawan terbaik daging panggang. Sebagian orang sering memanggang sayuran dan daging secara bersamaan secara langsung di bara api. Namun sebaiknya hal itu dihindari, karena sayuran hanya butuh waktu singkat untuk dipanggang.

Mengupas habis kulit sayur

Kita sering sekali mengupas kulit sayuran sampai habis, cuci, dan potong. Namun hal itu sebaiknya kita cek kembali karena ada beberapa sayuran yang tidak butuh pengupasan karena memiliki kandungan yang baik pada kulitnya. Seperti wortel dan timun merupakan sayuran yang mengandung kandungan dalam kulitnya.

Menggunakan butter

Lain halnya dengan mentega, butter lebih kaya akan rasa dan pekat. Namun penggunaan butter tidak tepat dengan sayuran. Sebaiknya hindari penggunaan butter ini ya sahabat Duma!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!