Cari Tahu Makanan Khas Hari Raya Nyepi di Indonesia

Nyepi merupakan hari perayaan tahun baru bagi umat Hindu. Banyak tradisi menarik yang dilakukan saat hari raya Nyepi, salah satunya adalah dengan menyajikan hidangan-hidangan lezat khas Bali. Seperti hari raya lainnya, tentunya ada beberapa makanan khas yang wajib disajikan saat perayaan ini tiba. Yuk cari tahu makanan khas hari raya Nyepi di Indonesia!

Makanan Khas Hari Raya Nyepi

Makanan khas hari raya nyepi Ayam Betutu via merdeka.com ala duniamasak
Ayam Betutu via merdeka.com

Ayam Betutu

Saat ritual keagamaan di hari raya Nyepi, terdapat hidangan yang juga disajikan untuk persembahan yaitu ayam betutu. Biasanya, ayam ini akan diolah dengan cara dipanggang dan juga diberikan bumbu khas Bali yang nikmat.

Lawar

Makanan yang paling ditunggu-tunggu saat hari raya Nyepi adalah Lawar. Hidangan ini berisi nasi, daging cincang dan campuran sayuran yang sudah dimasak dengan bumbu khas Bali. Lawar juga mempunyai banyak julukan tergantung pada bahan masakan yang digunakan misalnya lawar ayam dan lawar nangka.

Baca lainnya  Gimana Sih Cara Masak Bit? Yuk Cari Tahu!

Pulung Nyepi

Selain menyajikan makanan berat, hari raya Nyepi juga banyak menyajikan jajanan yang enak dan lezat. Salah satunya adalah pulung nyepi. Makanan ini terbuat dari dua jenis tepung yaitu tepung kanji dan tepung beras. Pulung nyepi diolah dengan cara dikukus dan juga direbus. Tak lupa untuk menaburkan parutan kelapa diatasnya agar rasanya menjadi gurih.

Jaja Apem

Jajanan lain yang tak kalah lezat adalah jaja apem. Makanan yang berwarna merah muda ini terbuat dari fermentasi tepung beras lalu dicampurkan dengan tape singkong serta tambahan air kelapa. Biasanya agar lebih nikmat, jaja apem bisa ditambahkan gula merah serta ditaburi dengan kelapa parut.

Clorot

Nah, kalau kue ini adalah jajanan favorit anak-anak. Clorot atau cerorot merupakan kue yang terbuat dari tepung beras dan santan lalu dibungkus dengan daun kelapa muda dalam bentuk kerucut. Rasa manis yang khas membuat banyak orang ketagihan dengan kenikmatannya.

Baca lainnya  [QUIZ] Inilah Peralatan Baking yang Wajib Kamu Punya Sesuai dengan Zodiak

Demikian 5 makanan khas hari raya Nyepi di Indonesia. Tim Duniamasak.com juga ingin mengucapkan selamat hari raya Nyepi bagi sahabat DuMa yang merayakan 🙂

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan