Kenapa Sih Cold Brew Coffee Menjadi Trend Akhir-akhir ini?

Cold Brew Coffee via shape.com

Cold Brew Coffee adalah sebuah metode seduh kopi dingin yang sedang kekinian banget akhir-akhir ini. Pada kopi cold brew ini sama sekali tidak digunakan air panas dan tidak dilakukan pemanasan terhadap si kopi, sementara iced coffee adalah kopi yang sebelumnya diseduh dengan proses pemanasan dan kemudian mengalami penurunan suhu. Selanjutnya apa lagi ya alasan yang membuat cold brew coffe menjadi trend akhir-akhir ini? Simak di bawah ya!

Cold Brew Coffee via www.popsci.com

Cold Brew Coffee via www.popsci.com

Keunggulan Cold Brew Coffee

Pembuatannya Sangat Mudah

Cold Brew Coffee mudah banget dibuat. Cara pembuatannya dengan mencampur bubuk kopi atau biji kopi yang telah digerus dengan air pada suhu biasa, kemudian didiamkan di dalam kulkas selama 12 jam lebih. Pembuatannya hanya membutuhkan biji kopi segar atau bubuk kopi yang tidak terlalu halus. Kamu hanya membutuhkan mesin penggerus kopi (coffee grinder) jika menggunakan biji kopi, filter untuk meletakan bubuk kopi atau saringan, toples kaca, dan kulkas.

Kadar Asam Lebih Sedikit

Cold brew coffee mengandung lebih sedikit kadar asam dibanding jenis kopi hot-brew yang biasa dikonsumsi. Ketika bubuk kopi melalui proses hot-brew, kandungan asam yang ada pada kopi ikut teresktrak karena adanya reaksi dengan air panas. Kandungan asam yang lebih sedikit tentunya membuat kondisi perut tetap nyaman walaupun sering mengonsumsi kopi. Bagi kamu penderita asam lambung namun ingin meminum kopi, sebaiknya pilih lah cold brew ini.

Baca lainnya  Mengatasi Maag Bukanlah Hal Sulit, Berikut Bahan Alami yang Harus Kamu Konsumsi

Terasa Seperti Coklat

Cold Brew Coffee via twitter.com @OfficialBovril

Cold Brew Coffee via twitter.com @OfficialBovril

Cold Brew Coffee lebih manis dan rasanya agak terasa seperti cokelat. Hal ini disebabkan oleh teknik cold-brew yang mencegah kandungan pahit dari minyak-minyak tertentu dari bubuk kopi terekstraksi. Karena kandungan pahit berkurang, maka rasa lain dari kopi akan menjadi lebih menonjol, contohnya rasa seperti cokelat, buah, atau kacang-kacangan.

Lebih Lembut Ketika Diminum

Cold Brew Coffee lebih lembut saat diminum. Hal ini disebabkan oleh teknik brewing kopi yang unik, yaitu bubuk kopi yang tidak terlalu halus diletakan di dalam filter baru dicampur dengan air sehingga ampas kopi tidak masuk ke dalam air dan menghasilkan kopi yang lembut.

Baca lainnya  Kado Istimewa Natal 2017
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!