Tips Membuat ‘Healthful Kids Meals’ Agar Kebutuhan Gizi Anak Terpenuhi

Healthful Kids Meals via superhealthykids.com

Bagi para orang tua, terutama para ibu, seringkali kesulitan untuk membuat makanan yang disukai anak namun tetap dengan kebutuhan gizi yang terpenuhi. Menu setiap harinya harus beragam agar disukai sang anak. Bagi kamu para orang tua harus lebih berpengetahuan lebih tentang nutrisi yang dibutuhkan anak. Nah kali ini tim duma punya tips untuk membuat Healthful Kids Meals. Bagi kamu para orang tua, dan calon orang tua, wajib membaca tips duma berikut nih.

Healthful Kids Meals Demi Si Buah Hati

Healthful Kids Meals via www.flora.com

Healthful Kids Meals via www.flora.com

Buah dan Sayuran Warna Warni

Tips pertama adalah kamu harus menambahkan buah dan sayuran berwarna pada setiap menu yang akan kamu berikan untuk sang anak. Konsumsi buah dan sayuran sangat berguna demi kebutuhan gizi dan serat anak setiap hari. Oleh sebab itu, untuk membuat sang anak menyukai menu makanan sehat, kamu harus memberikan berbagai jenis sayur dan buah berwarna demi menarik perhatian anak. Lama kelamaan, sang anak akan terbiasa dan menyukainya.

Baca lainnya  Bagaimana Sih Mengatur Pola Tidur Selama Bulan Puasa?

Oiya sahabat duma, berdasarkan penelitian, buah dan sayur yang lebih banyak disukai anak-anak adalah brokoli, jagung, kacang hijau, wortel, kentang, kacang polong, selada dan bayam, apel, pisang, stroberi, anggur, dan jeruk.

Tambahkan Menu Beragam

Tips selanjutnya adalah kamu sebaiknya menambahkan menu-menu beragam seperti biji-bijian, nasi merah, quinoa, pasta whole grain, kerak pizza dan roti. Menurut survei koki “What’s Hot On 2018” milik National Restaurant Association, butir gandum adalah tren ketiga yang paling populer untuk makanan anak-anak saat ini. Selain menu gizi yang dibutuhkan sang anak terpenuhi. Sang anak juga tidak akan bosan menikmati makanannya.

Sajikan Protein Tanpa Lemak

Tambahkan lebih banyak ayam tanpa kulit, dada kalkun, daging sapi tanpa lemak, tahu, ikan dan makanan laut ke menu utama sang anak. Kamu bisa berkreasi dengan saus dan bumbu racikan sendiri, ditambahkan dengan buah-buahan dan sayuran dalam olahan menu main course tersebut. Saus teriyaki dengan buah, barbekyu atau madu mustard, bisa menjadi pilihan. Beberapa anak suka pedas, namun beberapa tidak. Jadi tawarkan pilihan bila memungkinkan.

Baca lainnya  Memasak dengan Bubuk Masak Ajaib: Andalan Ibu Rumah Tangga Masa Kini

Buatlah Minuman Sehat

Tawarkan porsi minuman sehat untuk anak-anak. Tambahkan irisan buah atau beri ke air murni. Tawarkan susu skim (susu rendah lemak) dan jus buah 100 persen. Minuman ini wajib dikonsumsi anak setiap harinya.

Kamu juga menerapkan tips membuat Healthful Kids Meals di atas untuk menu sarapan anak setiap harinya. Eits, kenapa sih sarapan untuk anak penting? Jangan lupa intip artikelnya di link berikut!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!