Terbang ke Aceh: Jangan Lupa Icip Kuliner Khas Aceh ya!

Icip kuliner khas Aceh ala duniamasak via sahabatnesia.com

Icip kuliner khas Aceh yuk sahabat duma! Sekarang tim DuniaMasak akan mengajak kamu untuk icip kuliner khas Aceh nih. Kebanyakan orang Indonesia pasti tidak asing dengan masakan mie Aceh sebagai kuliner khas Aceh. Ternyata masih banyak lagi kuliner khas Aceh yang lainnya lho! Buruan disimak!

Icip Kuliner Khas Aceh yuk!

Sate matang icip kuliner Aceh via sahabatnesia.com

Sate matang via sahabatnesia.com

Sate Matang

Sate Matang adalah makanan khas Aceh berisikan daging kambing atau daging sapi yang diungkep dengan bumbu khas Aceh lalu kemudian dibakar. Sate Matang paling sedap dimakan dengan kuah soto yang kaya akan bumbu-bumbu istimewa.

Kuah Pliek U

Kuah Pilek U merupakan makan khas yang melambangkan keeratan dan keberagaman di Aceh. Hal ini ditunjukkan dalam makanan yang tertuang dalam satu kuali, sehingga memunculkan suatu rasa yang tersendiri. Kuah Pilek U merupakan cara penyaluran hasil bumi dari daerah Aceh. Makanan ini wajib banget untuk tagline “icip kuliner” wajib jika berkunjung ke Aceh.

Baca lainnya  Cara Merawat Oven Ala Tim DuniaMasak yang Patut Kamu Coba

Gulai Kambing

Ada rasa yang tersembunyi dalam Gulai Kambing khas Aceh nih sahabat duma! Berbeda dengan gulai lainnya, gulai kambing Aceh ini dimasak dalam kuali yang besar dan dalam penyajianya selalu dalam keadaan panas. Serta pastinya disajikan dengan daging kambing yang empuk serta tidak beraroma kambing lagi.

Kuah Sie Itek

Selanjutnya yang harus kita icip kuliner khas Aceh adalah kuah sie itek. Masakan ini dibuat dari itik atau bebek namun dengan cara pengolahan yang berbeda. Tak diragukan lagi, resep turun temurun ini menjadikan kuah sie itek berbeda dari masakan lainnya yang serupa. Kamu juga bisa menikmati makanan ini di seluruh restoran Aceh di Indonesia. Namun, nggak ada salahnya juga jika kamu mecobanya langsung di Aceh.

Baca lainnya  The Holy Crab, Surganya Makanan Laut yang Harus Kamu Coba!

Ayam Tangkap, Kuliner Khas Aceh

Ayam Tangkap merupakan olahan daging ayam yang di cincang kecil-kecil yang ditumpuk dengan daun tumuru dan cabai hijau serta ditaburi bawang goreng. Ketika kamu menikmati  kuliner yang satu ini kamu harus mampu mencari ayam yang terselimuti oleh daun teumuru.

Ungkot Kemamah

Ungkot Kemamah adalah masakan khas Aceh dengan cita rasa yang menantang. Bahan bakunya adalah ikan tuna yang dikeringkan dan kemudian dicincang. Nah, ikan kemamah ini bisa dimasak dengan bahan masakan seperti santan kelapa, cabai hijau, kantang dan bahan masakan yang lainya. Sejak zaman perang melawan Belanda dulu, ungkot kemamah merupakan masakan yang sudah sangat populer dengan cita rasa yang khas.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!