5 Makanan Sehat Selama Ramadan

Selama bulan puasa Ramadan, tubuh kita perlu mendapatkan nutrisi paling banyak dari makanan sehat untuk membantu berpuasa dengan lancar. Jadi, penting untuk memastikan makan banyak makanan sehat selama ini. Ketika berpuasa, tubuh harus menjalani puasa selama kurang lebih 13 jam. Ini bisa membuat orang tersebut merasa lelah dan lemah. Jika tidak memenuhi asupan nutrisi yang cukup, pada jam-jam puasa tubuh bisa cepat lemas dan tidak berenergi. Maka dari itu pentingnya makanan sehat selama Ramadan.

Tetap Berenergi, Makanan Sehat Selama Ramadan

Kurma mazafati via ratinkhosh.com ala tim duniamasak.com Makanan Sehat Selama Ramadan
Kurma mazafati via ratinkhosh.com

Penting bagi umat Islam menyantap makanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan tingkat energi mereka apalagi ketika ingin berpuasa. Berikut ini adalah makanan sehat selama Ramadan:

Makanan berprotein

Kita bisa mendapatkan makanan sehat yang banyak mengandung protein. Protein adalah jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk energi dan proses penting lainnya. Nutrisi tersebut akan dipecah menjadi asam amino untuk kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh.

Protein penting untuk membantu metabolisme tubuh dan memberikan energi selama berpuasa. Makanan berprotein dapat membantu perut kita terasa kenyang lebih lama, dan protein juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita bisa mulai mengonsumsi makanan sehat berprotein tinggi, seperti daging, unggas, ikan, produk susu, telur, dan kacang-kacangan.

Karbohidrat lepas

Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Ini akan membantu tubuh mendapatkan glukosa yang dibutuhkan sebagai sumber energi utamanya.

Saat berpuasa, tubuh akan menyimpan glukosa sehingga memiliki energi yang cukup untuk menjalani hari. Hal ini akan membantu tubuh agar tidak terlalu lelah saat berpuasa, meski berpuasa seharian penuh. Kita bisa mendapatkan energi dari makanan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, pasta, roti, dan almond.

Sayuran

Selama puasa sebaiknya kita mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran. Makanan ini memiliki serat larut yang membantu menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik. Makan sayur juga bisa memperlambat pemecahan makanan menjadi glukosa dalam darah. Ini dapat membantu mengontrol kadar kolesterol darah.

Selain itu, mengonsumsi beragam sayuran untuk memastikan tubuh memiliki cukup cairan sangatlah penting. Ini akan membantu kita pulih dari kehilangan cairan.

Buah-buahan

Saat makan sayur dan buah, kita mendapatkan nutrisi dan vitamin penting yang baik untuk tubuh. Buah-buahan sangat baik untuk menggantikan cairan yang hilang saat puasa.

Kurma

urma merupakan buah sehat yang membantu memulihkan energi setelah berpuasa seharian. Kurma memiliki banyak gula alami di dalamnya, sehingga baik untuk tubuh.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan