Intip Tips Cerdas Memilih Panci Presto yang Berkualitas

Share artikel ini:
Panci Presto via Thebestpressurecookers.com

Panci Presto via Thebestpressurecookers.com

Panci presto merupakan salah satu peralatan masak yang penting untuk Anda miliki. Kemampuan panci ini dalam mengelola tekanan tinggi membuat masakan Anda yang bertekstur keras dapat empuk lebih cepat. Daging dan tulang yang keras pun dapat empuk dengan mudahnya.

Namun, sebelum Anda memilih panci presto, tidak ada salahnya bila Anda mengenal jenis panci presto terlebih dahulu. Tujuannya, agar Anda tahu mana panci yang sesuai dengan kebutuh dan bujet Anda. Karena jenis panci presto yang berbeda memiliki harga yang berbeda pula.

JENIS PANCI PRESTO

Jenis panci presto ada dua macam. Panci presto berbahan aluminium dan panci presto berbahan stainless steel.

  1. Panci Presto Aluminium
    Panci presto ini memiliki berat yang relatif ringan. Harganya pun lebih murah. Itulah sebabnya panci ini masih ada yang menyukai meski memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan paling kentara yaitu noda hitam pada bagian luar bawah panci. Kelemahan lainnya, yaitu bahan aluminium mudah aus meski menggunakan merek terkenal.
  2. Panci Presto Stainless Steel
    Panci presto berbahan stainless memiliki sifat yang lebih kuat, berat, dan juga awet untuk pemakaian jangka panjang. Oleh sebab itu, panci ini memiliki harga yang lebih mahal. Oh ya, panci presto stainless steel juga lebih tahan terhadap karat.

FITUR PANCI PRESTO

Setelah Anda memahami jenis panci presto, fitur merupakan salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan. Beberapa fitur panci presto, yaitu: pengatur tekanan, sistem pengunci, dan rak masak. Mungkin tidak semua tipe memiliki ketiga fitur ini. Jadi, silakan pilih mana yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda.

  1. Pengaturan Tekanan
Baca lainnya  Cobain Aneka Olahan Roti Tawar Ini Agar Tidak Cepat Bosan

Panci presto merupakan panci bertekanan, tentu fitur ini merupakan salah satu yang terpenting. Panci presto yang bagus merupakan panci presto yang mampu menunjukkan dan mengendalikan tekanan dalam panci. Untuk hasil yang optimal, pastikan panci presto yang Anda pilih memiliki tekanan maksimal 15 psi.

  1. Sistem Pengunci

Fitur ini penting untuk alasan keamanan. Sistem pengunci mencegah tutup panci dapat terbuka saat masih ada tekanan di dalam panci. Beberapa panci ada juga yang dilengkapi dengan indikator yang menunjukkan tekanan di dalam panci. Ada pula panci yang memiliki ‘pelepas tekanan sekunder’ sebagai tambahan untuk melepas tekanan di dalam panci.

  1. Rak Masak

Fitur rak masak membuat Anda bisa memasak beberapa masakan dalam waktu yang bersamaan. Tentu ini bisa menghemat waktu Anda saat memasak.

Bagaimana Cara Memilih Panci Presto yang Tepat?

Selain dilihat dari jenis dan fitur, ada pula beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat akan memilih panci presto. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ialah:

  • Ukuran

Panci presto memiliki beberapa pilihan ukuran, seperti 4, 6, dan 8 liter. Panci presto berukuran 4 liter cocok untuk Anda yang masih single/pasangan muda yang belum memiliki anak. Panci presto berukuran 6 liter cocok untuk keluarga yang baru memiliki satu/dua orang anak.

Sementara panci presto berukuran 8 liter cocok untuk keluarga dengan jumlah anak yang cukup banyak. Selain ketiga ukuran tersebut, panci presto ada juga yang berukuran 16 atau 18 liter.

  • Tips Memilih Panci Presto Stainless Steel

Saat memilih menggunakan panci presto stainless steel. Pilihlah yang memiliki lapisan aluminium di bagian bawah. Hal ini untuk menghilangkan ‘hot spot’ yang biasanya membuat gosong pada satu sisi panci.

  • Kekuatan dan Kenyamanan
Baca lainnya  Tips Ampuh Cara Memotong Bahan Makanan Bagi Kamu Sang Pemula!

Coba Anda tes handle atau pegangan panci. Caranya: angkat panci dan pegang handle panci sambil Anda gerak-gerakkan layaknya sedang Anda pergunakan. Apakah Anda nyaman? Panci presto yang baik ialah panci presto yang memiliki desain ergonomis dan kuat. Anda pun akan nyaman saat mengenggam atau menggerak-gerakkan panci presto.

  • Garansi

Panci bergaransi tentu membuat hati lebih tenang. Selain itu, secara tidak langsung, garansi pun dapat menunjukkan kualitas dari panci presto yang akan Anda beli. Beberapa merek terkenal bahkan ‘berani’ memberikan garansi hingga 10 tahun. Anda tidak perlu ragu lagi akan kualitasnya.

  • Harga

Ya, suka tidak suka dan mau tidak mau harga memang penting. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah teliti sebelum membeli. Harga murah bukan jaminan kepuasan. Mencari produk berkualitas dengan harga yang rasional adalah kuncinya. Namun, pastikan harga panci ‘masuk’ dalam bujet Anda.

Untuk mendapatkan panci presto berkualitas dengan harga wajar, salah satu kuncinya adalah mencari toko yang terpercaya. Salah satu toko yang menjamin keaslian produk dengan pemberian garansi resmi ialah Dunia Masak.

Melalui layanan product guarantee, Dunia Masak menjamin keaslian dan kualitas produk yang dijual. Jika ada produk rusak di masa garansi, konsumen pun dapat membawanya kembali ke service center tanpa dikenai tambahan biaya.

Jika Anda tertarik melihat panci presto yang ada di Dunia Masak, Anda dapat melihat daftar harganya di sini. Selamat berburu panci presto Sahabat Duma, semoga mendapatkan yang terbaik, ya 🙂

 

 

Share artikel ini:

2 thoughts on “Intip Tips Cerdas Memilih Panci Presto yang Berkualitas”

  1. Trackback: college tips
  2. Trackback: hair bundles

Yuk bahas artikel ini!