Jajanan Enak di Bogor Sebagai Oleh-Oleh Wisatawan

Bogor terkenal dengan kota jajanan atau cemilan khas Bogor yang enak-enak. Mulai jajanan pinggiran di kota Bogor hingga restoran-restoran besar yang menyediakan jajanan enak di Bogor. Bogor adalah tempat destinasi wisata bagi masyarakat lokal maupun turis mancanegara. Tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi kota yang satu ini tanpa mencicipi kuliner khususnya jajanan enak khas Kota Bogor. Yuk simak rangkuman dari DuniaMasak berikut ini.

Jajanan Enak di Bogor

Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Khas Bogor via Travel.kompas.com

Asinan Jagung Khas Bogor via Travel.kompas.com

Pada umumnya, asinan berisi sayur dan buah, namun tidak di Asinan Jagung Bakar khas Bogor yang satu ini. Sesuai dengan namanya, asinan yang dijajakan oleh seorang pedagang kaki lima secara turun temurun dari tahun 1968 ini menggunakan jagung manis bakar sebagai bahan utamanya, bukan sayuran atau buah-buahan.

Jagung manis bakar ini kemudian disiram dengan air cabai dan cuka, kemudian diberikan gula pasir sehingga menciptakan rasa yang segar dari asam, dan manis. Biasanya Asinan Jagung Bakar ini bisa kamu temui di sekitar tempat wisata di Bogor maupun pedagang kaki lima. Mulai dari jam 9 pagi sampai dengan jam setengah 6 sore setiap harinya.

Baca lainnya  Ampuh! Atasi Masalah Ketombe dengan Bahan Berikut ini!

Cungkring

Cungkring Khas Bogor via www.deblenk.xyz

Cungkring Khas Bogor via www.deblenk.xyz

Mendengar namanya sajam pikiran kita sudah tertuju kepada tubuh yang tinggi dan kurus kering. Namun, arti cungkring di sini bukan itu ya sahabat duma! Melainkan salah satu kuliner khas Bogor yang sudah terkenal. Cungkring merupakan kepala sapi dan kikil yang dimasak dengan menggunakan bumbu kuning, kemudian ditambahkan dengan bumbu kacang dan lontong seperti yang umum dipakai pada sate.

Selain itu, kamu juga bisa menikmatinya dengan nasi bercampur kelapa parut dan tempe. Pedagang Cungkring dapat ditemui di pasar-pasar tradisional di seluruh Bogor, atau di Jalan Suryakencana, dekat perempatan Gang Aut. Bila ingin menikmati Cungkring, sebaiknya kamu datang ke Jalan Suryakencana sekitar jam 7 pagi, karena kuliner murah meriah ini biasanya sudah habis terjual pada jam 9 pagi.

Baca lainnya  Raja Konro Daeng Naba, Makanan Makasar yang Menggoyang Lidah

Bir Kocok

Bir Kocok via masak.tv

Bir Kocok via masak.tv

Bir Kocok adalah bir yang berbeda dengan bir pada umumnya. Bila pada umumnya bir mengandung alkohol, maka Bir Kocok yang ditawarkan di Gang Aut Suryakencana ini tidak mengandung alkohol dan dibuat dari rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, dan gula aren. Minuman ini disebut Bir Kocok karena proses pembuatannya dikocok hingga berbuih dan berbusa seperti minuman beralkohol kemudian disajikan dengan es batu. Selain bisa diminum di lokasi dengan harga 3.000 Rupiah per gelas. Bir Kocok juga dapat dibawa pulang dengan harga 10.000 Rupiah 1 botol.

 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!