Jenis Gelas Wine Yang Umum Digunakan

Jenis gelas wine via freepik ala duniamasak

Wine adalah minuman beralkohol yang berasal dari fermentasi anggur atau bisa juga dengan buah-buah lainnya. Proses terjadinya fermentasi ini berlangsung secara alami karena ada keseimbangan kimia tanpa tambahan gula, air, dan nutrisi lainnya. Dalam fermentasi ini, ragi akan mengambil kandungan gula dari buah anggur dan mengubahnya menjadi etanol serta karbon dioksida. Buah anggur yang beraneka ragam akan menghasilkan jenis wine yang berbeda pula. Misalnya anggur putih untuk white wine, anggur merah untuk red wine, dan lain sebagainya. Semakin lama umur wine disimpan dalam botol atau kendi, maka banyak meyakini minuman tersebut akan lebih nikmat. Oleh karena itu, wine adalah salah satu minuman yang tergolong mewah. Selain wine yang mewah, ternyata penyajiannya juga perlu dengan cara yang eksklusif. Karena wine termasuk minuman yang mempunyai kualitas terbaik maka gelasnya wajib yang berkualitas juga. Beraneka ragam jenis wine juga akan mempengaruhi bentuk gelasnya pula. Mari simak beberapa jenis gelas wine yang umum digunakan:

Beberapa Jenis Gelas Wine

Gelas Red Wine

Jenis gelas wine red via freepik ala duniamasak
Gelas red wine via freepik

Dimulai dari wine yang sudah umum yaitu red wine. Untuk gelas red wine, bentuknya lebih bulat. Untuk tangkai gelasnya cukup ramping sehingga banyak orang yang meminum red wine dengan memegang badan gelas. Ketika meminum dari badan gelas, aroma dan rasa dari red wine akan sangat terasa kuat karena ibarat hidung dapat ikut masuk ke dalam gelas sehingga bisa menikmati aromanya dengan leluasa. Terdapat dua jenis gelas red wine antara lain Bordeaux dan Burgundy. Gelas Bordeaux ditujukan untuk meminum red wine jenis Cabernet, Merlot, dan jenis red wine yang cukup kuat lainnya. Sedangkan untuk gelas Burgundy, digunakan untuk red wine yang mempunyai cita rasaΒ lebih lembut.

Baca lainnya  Makanan Berikut ini Menyembuhkan Penyakit, Mitos Atau Fakta?

Gelas White Wine

Jenis gelas wine white via freepik ala duniamasak
Gelas white wine via freepik

Sudah membahas anggur merah, waktunya mengulas anggur putih. Bentuk gelasnya lebih ramping, tangkainya panjang, dan badan gelasnya mirip huruf U. Terdapat beberapa jenis gelas white wine seperti Banquet white wine, Banquet crystal, Twiggy crystal, dan sejenisnya. Untuk jenis gelas ini, bisa dipakai untuk beberapa jenis minuman white wine, seperti Suvignon blanc, Pinot gris, dan lainnya.

Gelas Rose Wine

Jenis gelas wine rose via freepik ala duniamasak
Gelas rose wine via freepik

Sebenarnya, untuk meminum rose wine bisa dinikmati menggunakan jenis gelas white wine. Namun, ternyata ada jenis gelas khusus untuk menikmati rose wine. Bentuk gelas ini mempunyai bagian badannya yang agak menggembung bahkan sedikit meliuk dan bagian atasnya sedikit melebar. Hal ini bertujuan agar bisa menikmati aroma khas dari rose wine yang kuat.

Baca lainnya  Bagaimana Asal Muasal Masakan Peranakan?

Gelas Champagne

Jenis gelas wine champagne via freepik ala duniamasak
Gelas champagne via freepik

Bagi yang sering mendatangi pesta pernikahan, pasti tidak asing dengan jenis gelas ini. Gelas champagne sering disebut sebagai flute karena bentuk di bagian atas yang ramping dan bagian bawah yang lebih besar serta tangkai gelas yang tinggi kecil. Gelas champagne dibuat dengan bibir gelas yang sempit jika dibandingkan dengan gelas red wine. Tujuannya adalah agar gelembung dari champagne tidak cepat hilang dan keluar dari gelas.

Bagaimana penjelasannya, cukup mudah dipahami? Jika sudah memilih gelas mana yang akan dipakai, jangan lupa gunakan gelas wine yang direkomendasikan oleh Duniamasak.com. Selain gelas, Duniamasak.com juga menyediakan wine cooler agar minuman anggur tetap terjaga kualitasnya. Apakah sahabat Duma sudah siap untuk berpesta? Ingat juga untuk menulis di kolom komentar, gelas mana yang paling disukai ya. Have fun! πŸ˜€

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!