Kenali 4 Cara Untuk Mencegah Diabetes

Mencegah diabetes via freepik ala duniamasak

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah tinggi atau diatas normal. Glukosa yang menumpuk di dalam darah yang tidak diserap sel tubuh dengan baik, dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Glukosa juga merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia. Kadar gula ini dikontrol oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Pankreas tidak mampu menghasilkan insulin sesuai kebutuhan tubuh jika menderita diabetes. Tanpa adanya insulin, sel tubuh tidak mampu menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. Maka dari itu, penting sedini mungkin untuk mencegah diabetes.

Mencegah dan Mengurangi Risiko Diabetes

Pertanyaan diawal adalah apakah mempunyai keturunan yang mengidap diabetes? Dari sini, maka perlu berhati-hati karena memungkinkan ada peluang terkena diabetes juga. Secara umum, diabetes dibagi menjadi dua jenis yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 2 memiliki kaitan kuat dengan riwayat dan keturunan keluarga dibandingkan dengan tipe 1. Tidak hanya karena faktor ini, namun diabetes juga bisa disebabkan karena gaya hidup. Kedua hal ini perlu dicegah sehingga bisa mengurangi risiko diabetes. Sebenarnya, intinya adalah dengan mengubah pola hidup sehingga menerapkan hidup sehat dan olahraga yang teratur. Selengkapnya akan dijabarkan menjadi 4 poin cara untuk mencegah diabetes:

Baca lainnya  Merawat Panci Fincook Berbahan Dasar Stainless Steel

Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan via freepik ala duniamasak
Menjaga pola makan via freepik

Pasti sebagian orang sudah mengetahui bahwa diabetes bisa dicegah dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan gizi seimbang. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat dari biji-bijian utuh (whole grain) dibanding yang sudah diproses (refined grain). Kulit dan serat dalam biji-bijian utuh lebih sulit dipecah ke bentuk glukosa sehingga bisa membuat peningkatan gula darah dan insulin menjadi lebih lambat serta membantu mencegah diabetes tipe 2. Biji-bijian utuh juga memiliki kandungan yang baik seperti vitamin, mineral, dan fitokimia yang dapat membantu menurunkan risiko diabetes. Sedangkan makanan lain seperti roti, nasi, dan kentang diyakini dapat meningkatkan diabetes. Selain itu, pilihlah makanan dengan kandungan lemak baik daripada lemak jahat. Makanan yang mengandung lemak baik contohnya adalah minyak nabati dan biji-bijian. Sedangkan lemak jahat, bisa ditemukan dalam bentuk lemak trans pada margarin, makanan cepat saji, dan makanan yang diolah dengan cara digoreng. Untuk minuman, sebaiknya menghindari yang manis-manis. Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang banyak mengonsumsi minuman manis dapat mengalami kenaikan berat badan yang bisa terindikasi diabetes.

Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan via freepik ala duniamasak
Menjaga berat badan via freepik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kenaikan berat badan juga bisa menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan risiko diabetes. Obesitas atau kondisi akibat penumpukan lemak yang sangat tinggi dapat meningkatkan risiko 20-40 kali lebih besar untuk terkena diabetes. Jika sudah terlanjur kelebihan berat badan, sebaiknya diturunkan secara bertahap dan perlahan hingga mencapai berat badan ideal.

Baca lainnya  Sahabat Duma, Sebaiknya Berapa Kali Sih Minum Kopi?

Olahraga Teratur

Olahraga teratur via freepik ala duniamasak
Olahraga teratur via freepik

Pola hidup sehat juga akan berperan aktif dalam mencegah risiko diabetes tipe 2. Perbanyak bergerak dengan menggunakan otot karena bisa meningkatkan kemampuan otot untuk menggunakan insulin dan menyerap glukosa. Hal tersebut akan meringankan tekanan pada sel pembuat insulin. Dengan melakukan olahraga, bisa membantu juga dalam menurunkan berat badan sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok via freepik ala duniamasak
Berhenti merokok via freepik

Selain berbahaya bagi kesehatan, ternyata merokok juga termasuk dalam penyebab terjadinya diabetes. Menurut penelitian, perokok lebih berisiko terkena diabates sebesar 50% atau bahkan lebih dibandingkan dengan yang tidak merokok. Ketika seseorang merokok, pembuluh darah dan kandungan gula dalam darah akan menyempit oleh zat yang terkandung dalam rokok. Dua hal tersebut akan menimbulkan timbunan yang semakin menumpuk di dinding pembuluh darah sehingga mengganggu sirkulasi darah.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!