Kesalahan Fatal Menggunakan Kulkas Rumah Tangga

Kesalahan Fatal Menggunakan Kulkas Rumah Tangga via freepik ala tim duniamasak

Kulkas menjadi perabotan rumah tangga yang keberadaannya tak terelakkan lagi. Peralatan yang satu ini menjadi barang yang terbilang penting dimiliki. Bagaimana tidak? Selain bisa mendinginkan minuman, bermacam-macam makanan seperti sayuran dan buah perlu dimasukkan ke dalam kulkas agar tetap fresh dan tidak cepat busuk. Memiliki barang elektronik seperti kulkas juga harus dibarengi dengan pemakaian yang benar. Terkadang, kesalahan-kesalahan yang sifatnya sepele bisa mempengaruhi kinerja kulkas bahkan bisa berakibat fatal dan menyebabkan kerusakan. Berikut ini kesalahan fatal menggunakan kulkas rumah tangga.

5 Kesalahan Fatal Menggunakan Kulkas Rumah Tangga

Kesalahan Fatal Menggunakan Kulkas Rumah Tangga via freepik ala tim duniamasak
Kulkas rumah tangga via freepik

Untuk menjaga kualitas kulkas supaya tetap awet dan tidak cepat rusak, Anda harus mulai menggunakan kulkas dengan benar. Beberapa kebiasaan saat menggunakan kulkas yang Anda pikir aman, bisa jadi penyebab menurunnya daya kulkas. Siapa sangka, bahkan lokasi di mana kulkas diletakkan pun dapat memicu munculnya masalah pada kulkas. Nah, kira-kira apa saja kesalahan sepele namun bisa berakibat fatal pada saat menggunakan kulkas? Berikut penjelasannya.

Posisi kulkas yang terlalu dekat dengan dinding

Cobalah mengecek bagaimana posisi kulkas Anda saat ini. Apakah jaraknya dengan dinding sudah tepat? Atau malah Anda meletakkan kulkas dengan posisi tepat di depan dinding? Jika ya, sebaiknya segeralah memperbaikinya. Tahukah Anda, jarak yang ideal antara kulkas dengan dinding adalah 20 cm. Hal ini berguna untuk membuat sirkulasi udara di sekitar kulkas berlangsung baik.

Baca lainnya  Kulina: Membantumu untuk Repotnya Makan di Jakarta!

Terlalu dekat dengan kompor

Anda mungkin berpikir menempatkan kulkas di dekat kompor agar lebih mudah saat mengambil bahan makanan. Namun, ternyata pilihan ini bisa dibilang kurang tepat. Sebaiknya, pisahkan kulkas dengan kompor, berilah jarak minimal 3 meter. Hal ini juga berlaku untuk benda-benda lain yang juga mengandung panas, misalnya rice cooker.

Tidak menutup pintu kulkas dengan rapat

Pada saat menutup pintu kulkas, pastikan pintu menutup dengan rapat. Periksalah apakah karet yang berada di pinggir pintu sudah benar-benar menempel. Kelihatannya memang sepele, tetapi jika pintu kulkas tidak tertutup rapat, udara dingin akan keluar sehingga piranti mesin akan bekerja lebih keras agar suhu di dalam kulkas tetap dingin.

Memasukkan makanan yang masih panas

Ada kalanya Anda sedang dalam kondisi tergesa-gesa, sehingga makanan yang masih panas pun langsung dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini juga bisa berakibat fatal bagi kinerja kulkas. Ketika makanan yang masih panas langsung dimasukkan, kulkas akan bekerja keras untuk menurunkan suhu makanan. Nah, hal ini bisa menyebabkan penurunan fungsi kulkas. Sebaiknya tunggulah sebentar sampai makanan terasa agak dingin, barulah Anda boleh menyimpannya dalam kulkas.

Baca lainnya  Selain Wortel, Berikut 5 Makanan Sehat yang Baik untuk Mata

Salah menempatkan makanan

Rak di pintu kulkas merupakan titik yang memiliki suhu lumayan tinggi. Sebaiknya, jangan menempatkan telur di rak pintu. Hal ini justru bisa menyebabkan telur menjadi cepat busuk. Simpanlah telur di tempat yang paling dingin. Selain itu, sayur dan buah buahan sebaiknya disimpan di rak paling atas. Dengan menempatkannya di bagian atas, sayur dan buah akan tetap segar dan tidak mudah layu.

Itulah beberapa informasi seputar kesalahan fatal menggunakan kulkas rumah tangga. Sekarang Anda bisa mulai memeriksa dan membenarkan posisi kulkas agar resiko terjadinya kesalahan bisa diminimalisir. Dengan demikian, piranti-piranti pada kulkas akan bekerja dengan lebih optimal sebagaimana mestinya. Penggunaan yang benar dan perawatan yang tepat akan membuat kulkas terus memiliki kinerja prima dan tetap awet selama mungkin.  Oh iya jangan lupa kunjungi website duniamasak.com untuk pilihan kulkas-kulkas terbaik. Semoga bermanfaat!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!