Kenali Buah Matoa, Buah Manis Kaya Manfaat!

Kenali Buah Matoa, Buah Manis Kaya Manfaat! via greeners.co ala tim duniamasak.com

Buah matoa memiliki manfaat kesehatan yang hanya diketahui sedikit orang. Senyawa dalam buah ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan. Buah matoa juga merupakan buah dari keluarga yang sama dengan leci dan kelengkeng. Memiliki aroma yang harum, tekstur yang lembut dan perpaduan antara kelengkeng, durian dan rambutan. Penasaran dengan buah ini? Yuk kenali buah matoa yang manis dan kaya manfaat!

Banyak Manfaat, Kenali Buah Matoa yang Manis

Kenali Buah Matoa, Buah Manis Kaya Manfaat! via halodoc ala tim duniamasak.com
Buah matoa via halodoc

Buah matoa digunakan dalam pengobatan tradisional oleh masyarakat Papua. Sayangnya, itu hanya digunakan oleh penduduk setempat, jadi mungkin banyak orang yang belum pernah menemukannya. Padahal buah ini memiliki beberapa manfaat.

Kulit, biji, dan daging buah matoa semuanya kaya akan antioksidan. Ini berarti dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit seperti kanker. Buah matoa mengandung senyawa polifenol tingkat tinggi, antara lain asam fenolik, flavonoid, tanin, saponin, dan alkaloid. Beberapa senyawa ini diduga memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti membantu meredakan stres. Buah matoa memiliki banyak manfaat, seperti gula, dan khasiat lainnya.

Menjaga kesehatan jantung

Buah matoa baik untuk jantung karena memiliki banyak antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol.

Buah matoa baik untuk jantung. Makan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk gagal jantung, serangan jantung, dan stroke.

Menurunkan kadar gula darah

Beberapa penelitian menemukan bahwa ekstrak buah matoa sangat membantu dalam mengontrol kadar gula darah. Ini karena mengandung senyawa fenolik yang diduga dapat memperlambat penyerapan gula dari usus. Ini mungkin bermanfaat bagi penderita diabetes.

Mencegah penyakit kanker

Buah matoa merupakan jenis buah yang diduga dapat membantu mencegah penyakit kanker. Ini karena buah ini memiliki banyak antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan, yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

Melancarkan pencernaan

Buah matoa digunakan untuk membantu pencernaan dalam pengobatan tradisional.

Beberapa orang beranggapan bahwa kandungan antioksidan pada buah ini dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, serta mencegah pertumbuhan bakteri jahat.

Jika pencernaan lancar, maka cenderung tidak mengalami masalah dengan sistem pencernaan, seperti sembelit, diare, dan penyakit radang usus.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *